kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kesepakatan dagang AS-China hampir tercapai, kedua pemimpin negara bertemu bulan ini


Sabtu, 02 November 2019 / 05:30 WIB
Kesepakatan dagang AS-China hampir tercapai, kedua pemimpin negara bertemu bulan ini


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pejabat administasi Trump menyatakan, perundingan dagang antara Amerika Serikat dengan China mencatat kemajuan yang baik dan AS berniat untuk menandatangani kesepakatan awal pada bulan ini.

Mengutip Reuters, Media pemerintah Beijing Xinhua News Agency mengatakan kedua negara yang terlibat perang dagang itu telah mencapai konsensus tentang hal-hal prinsip, selama pembicaraan via telepon antara negosiator perdagangan utama mereka pada Jumat (1/11).

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan, negosiator AS dan China telah membuat membuat kemajuan besar menuju penyelesaian perjanjian fase satu meskipun kesepakatan itu belum 100% selesai.

Baca Juga: China akan manfaatkan giant import fair untuk perkuat pengaruh perdagangan globalnya

Dalam sebuah pernyataan, United State Trade Representative (USTR) mengatakan, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin membuat kemajuan dalam berbagai masalah selama perundingan via telepon dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He dan sedang berupaya menyelesaikan masalah-masalah luar biasa.

Selanjutnya, diskusi akan berlanjut pada tingkat wakil.

Dalam dua wawancara terpisah, Kudlow dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross berbicara dengan nada optimis tentang penyelesaian perjanjian.

"Saya cukup optimistis," kata Kudlow kepada Fox Business Network.

"Kesepakatan itu belum selesai, tetapi kami membuat kemajuan besar. Saya melihatnya dari sisi optimistis," imbuhnya.

Pejabat AS mengatakan kedua pihak hampir mencapai kesepakatan pada Mei, tetapi perundingan tersendat ketika China mundur dari komitmen untuk mengubah UU demi menyelesaikan keluhan inti AS tentang pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi dan praktik lainnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×