kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kesimpulan ahli: Manusia tak akan pindah ke planet lain


Sabtu, 19 Oktober 2019 / 13:24 WIB

Kesimpulan ahli: Manusia tak akan pindah ke planet lain
ILUSTRASI. Manusia tidak mampu migrasi ke planet lain, bahkan ke Mars sekalipun.


KONTAN.CO.ID - Manusia tidak akan pindah ke dari Bumi menuju planet lainnya. Karena, jarak Bumi ke tempat planet lain yang layak huni sangat jauh.

Sebagian orang mulai berpikir untuk pindah ke planet lainnya ketika Bumi sudah tidak layak ditinggali. Michel Mayor, penerima hadiah Nobel Fisika mengatakan ide tersebut muncul setelah mereka merusak kehidupan di Bumi.

Baca Juga: Meningkatnya suhu permukaan Bumi mengancam kehidupan burung

Sayangnya, ide out of the box mereka tidak akan terwujud! Alasannya, manusia membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke planet lainnya.

"Meskipun planet tersebut tidak terlalu jauh, tetap membutuhkan waktu lama untuk mencapainya," kata Mayor.

Sekedar info, Michel Mayor menerima hadiah Nobel Fisika untuk penemuan planet pertama yang mengorbit bintang seperti matahari di luar tata surya.

Mayor membagi sebagian hadiahnya kepada Didier Queloz, penemu planet ekstrasurya pertama pada Oktober 1995. Queloz menggunakan instrumen baru di Observatorium Haute-Provence, Perancis Selatan. Menggunakan instrumen tersebut dia mendeteksi gas raksasa yang mirip dengan planet Jupiter. Dia menyebut gas tersebut 51 Pegasi b.

Sejak saat itu, para ilmuwan telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet di Bima Sakti. Sayangnya, tidak ada satu planet pun yang lokasinya sangat dekat dengan Bumi.

"Semua bintang secara efektif berada pada jarak yang tidak terbatas," kata Stephen Kane, Profesor Astrofisika, Universitas California, Riverside. Dia mengatakan manusia harus bekerja keras untuk mencapai Bulan.

Halaman Selanjutnya >

 


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri

Video Pilihan


Close [X]
×