kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Klub Barcelona-Rakuten teken kerja sama sponsor


Kamis, 17 November 2016 / 17:55 WIB
Klub Barcelona-Rakuten teken kerja sama sponsor

Reporter: Mona Tobing | Editor: Rizki Caturini

BARCELONA. Rakuten Inc, perusahaan digital asal Jepang menjadi sponsor utama dari Klub Sepak Bola asal Spanyol, Barcelona FC. Klub sepak bola ini mendapat kucuran dana senilai € 55 miliar atau setara 47,26 miliar pound setiap tahun dari Rakuten.

Kesepakatan diumumkan di markas Barcelona di Camp Nou. Kerja sama ini akan dimulai pada musim kompetisi 2017/2018. Kemitraan ini akan berlangsung selama empat musim berikutnya.

Dilansir dari Reuters, juara La Liga ini musim 2015/2016 ini akan mendapatkan tambahan bonus dari Rakuten. Selain itu setiap kali memenangkan La Liga, Barcelona akan mendapatkan bonus € 1,5 juta dengan tambahan € 5 juta jika setiap kali memenangkan Liga Champions.

Barcelona telah mengakhiri puasa sponsor gratis di jerseynya terakhir kali pada tahun 2006. Saat itu, logo UNICEF yang berada di seragam pemain Bacelona senilai € 1,5 juta per tahun disumbangkan untuk amal.

Kemudian pada Desember 2010, Barcelona menyetujui kontrak lima tahun dengan Qatar Foundation senilai € 30 juta per tahun. Kontrak tersebut disebut-sebut sebagai sponsor seragam paling menguntungkan dalam sepak bola.

Presiden Barcelona Josep Bartomeou mengatakan, kesepakatan dengan Rakuten menandai klubnya sebagai garis depan sponsor klub olahraga. Kerja sama dengan Rakuten akan ini memberikan kontribusi untuk keberhasilan masa depan Barcelona.

"Kami berharap kemitraan dengan Rakuten dan Barcelona membawa olahraga lebih cemerlang dan sukses secara komersil," ucap Bartomeu seperti dikutip dari situs Barcelona FC.

Sementara CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani menyebut Barcelona menjadi lompatan bagi perusahaan dalam berinovasi. Plus bagian dari daya strategi perusahaan untuk menjadi merek global.

Mikitani mengakui bahwa perusahaannya sedang membangun kekuatan atas merek dari Rakuten seperti: Viber, Wuaki, Ebates, Kobo dan PriceMinister yang diharapkan dapat menarik massa dari fans dan pemain Barcelona.

Sebagai informasi Rakuten adalah salah satu perusahaan layanan internet asal Jepang yang berdiri pada tahun 1997. Rakuten menawarkan berbagai layanan untuk konsumen dan bisnis dengan fokus pada e-commerce, keuangan, dan konten digital.

Rakuten akan mendukung pemain Barcelona dan anggota fansnya untuk menampilkan keunggulan teknologi perusahaan dalam menyampaikan pesan, drone dan e-commerce.

Barcelona dengan pemain bintang seperti Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar diprediksi menjadi salah satu klub terkaya pada tahun 2018. Dilansir dari BBC, Nike yang menjadi sponsor utama dari Barcelona membayar sekitar € 134 juta setiap tahun.

Uang ekstra yang diperoleh Barcelona akan membantu klub untuk membiayai rencana ekspansi stadion Nou Camp untuk 105.000 kursi. Menurut Deloitte Football Money League, tahun ini jajaran klub terkaya di dunia adalah Real Madrid, diikuti oleh Barcelona dan Manchester United.




TERBARU

[X]
×