kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komedian meninggal karena Covid-19, nge-vlog ucapkan pesan terakhir


Senin, 07 Desember 2020 / 05:49 WIB
Komedian meninggal karena Covid-19, nge-vlog ucapkan pesan terakhir
ILUSTRASI. Komedian Los Angeles korban Covid-19


Sumber: Kompas.com | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - LOS ANGELES. Joe Luna, seorang komedian yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), meninggal karena Covid-19 setelah nge-vlog dan mengunggahnya di Instagram. 

Luna yang memiliki nama panggung Joe El Cholo, mengembuskan napas terakhir pada umur 38 tahun, menurut foto yang diunggah keluarganya di Instagram Luna.

Dilansir Kompas.com dari The Insider pada Sabtu (5/12/2020), sehari sebelum meninggal Luna sempat mengunggah vlog tentang perjuangannya melawan virus corona. 

Dalam video berdurasi 35 menit yang diunggah pada 22 November itu, Luna mengaku dia mengalami komplikasi Covid-19, menderita pneumonia, diabetes, serta kedua kaki sudah diamputasi.

Baca Juga: Indofarma: Impor vaksin Covid-19 dari Novavax ditargetkan pada kuartal II-2021

Luna berkata, sebelum sakit dia mendengar kisah orang-orang yang tertular Covid-19 tapi ragu apakah benar dampaknya bisa seburuk itu. Lalu dia berujar, "Aku sedang bertarung. Aku berjuang untuk hidup."

Luna mengatakan, dia membuat vlog itu untuk memberitahu para followers-nya bahwa Covid-19 bukan lelucon. Video itu ditonton lebih dari 163.000 kali sampai Jumat (4/12/2020).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOE LUNA (@joeelcholo)

Lebih lanjut Luna menerangkan, dia berjibaku dengan gejala yang parah, termasuk nyeri dada, kehilangan kemampuan indera perasa, dan kejang. Anak-anaknya pun juga positif Covid-19.

Di video itu juga dikatakan bahwa Luna baru saja keluar rumah sakit, tapi keesokan harinya dia kembali masuk ruang perawatan. 

"Ini mengerikan, teman-teman," katanya sambil mengenakan masker oksigen di ruang yang disebutnya 'kamar kotor' di unit Covid-19 rumah sakit. 

"Radang paru-paruku semakin parah. Semuanya baru saja... memburuk sekarang," kata Luna di hari yang sama ketika dia meninggal. Menurut Los Angeles Times, sebagai komedian di Los Angeles Luna dikenal karena komentarnya tentang "budaya cholo". 

Baca Juga: Presiden Rouhani: Iran menuju ke arah 500 korban tewas setiap hari akibat Covid-19

Ia pertama kali mengabari telah didiagnosis positif virus corona pada 21 November di Instagram. 

"Rasanya seperti paru-parunya lebih sakit dari yang kita semua rasakan sebelumnya," kata putra Luna, Jose Talavera, kepada Fox 11. 

Penggalangan dana di GoFundMe yang dibuka teman-teman Luna mengungkapkan, setelah sang komedian diamputasi kedua kakinya dia berjuang sangat keras untuk hidup. 

"Dia adalah superhero komedianku,"tulis keterangan di GoFundMe. "Bahkan saat dia terluka dia bisa membuat kami tersenyum."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komedian Meninggal karena Covid-19, Sempat Nge-Vlog Ucapkan Kata-kata Terakhir".
Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara




TERBARU

[X]
×