kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,10   7,38   0.83%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsorsium Sheikh Jassim Jadi yang Terdepan Untuk Jadi Pemilik Baru Manchester United


Jumat, 16 Juni 2023 / 13:29 WIB
Konsorsium Sheikh Jassim Jadi yang Terdepan Untuk Jadi Pemilik Baru Manchester United
ILUSTRASI. Logo klub Manchester United


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Manchester United - LONDON. Konsorsium yang dipimpin oleh Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dari Qatar dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan klub sepak bola Inggris, Manchester United (MU), untuk mengambil alih kepemilikan klub tersebut.

Untuk saat ini kesepakatan memang belum pasti, namun Sheikh Jassim sepertinya akan selangkah lagi membeli MU dengan nilai mencapai US$6 miliar.

Melansir Reuters, sebuah sumber mengatakan bahwa keluarga Glazer, yang saat ini jadi pemilik MU, telah siap untuk menguangkan saham mereka sebagai bagian dari kesepakatan akuisisi.

Tawaran dari Qatar tersebut dilihat oleh keluarga Glazer lebih menguntungkan daripada tawaran dari miliarder Inggris Jim Ratcliffe, pendiri produsen bahan kimia INEOS. 

Kabar lain menyebutkan bahwa MU tidak akan diizinkan untuk bernegosiasi dengan penawar selain Sheikh Jassim untuk periode eksklusivitas. 

Baca Juga: Ini Hadiah Uang yang Diterima Manchester City, Juara Liga Champions 2023

Saham MU Melonjak

Saham Manchester United melonjak sebanyak 15% sejak berita akuisisi dari Qatar muncul hari Kamis (15/6). Saham sukses mengakhiri perdagangan di New York pada hari Kamis dengan naik 6,8% menjadi US$24,81.

Jika kesepakatan dengan Sheikh Jassim benar-benar terjadi, maka itu akan menjadi salah satu pembelian klub dengan nilai terbesar yang pernah ada di dunia olah raga.

Baca Juga: Juara Liga Champions 2023, Manchester City Cetak Treble Tiga Gelar Sekaligus

Menurut data Refinitiv, penjualan lebih dari US$6 miliar itu akan membuat nilai MU lebih dari 10 kali lipat pendapatan tahunan tahun lalu.

Keluarga Glazer membeli MU dengan harga 790 juta pound atau sekitar US$1 miliar pada tahun 2005. Setelah mengalami naik turun performa, sejumlah besar dari penggemar menuntut perubahan kepemilikan.

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani yang merupakan anak mantan Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, diharapkan bisa membawa perubahan dengan dukungan dana yang besar.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×