kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korban Tewas Gempa 7,6 SR di Jepang Lebih dari 100 orang, 200an Warga Masih Hilang


Minggu, 07 Januari 2024 / 06:30 WIB
Korban Tewas Gempa 7,6 SR di Jepang Lebih dari 100 orang, 200an Warga Masih Hilang
ILUSTRASI. Road cracks caused by an earthquake is seen in Wajima, Ishikawa prefecture, Japan January 1, 2024, in this photo released by Kyodo. Mandatory credit Kyodo via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WAJIMA, Jepang - Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Tahun Baru di Jepang yang dikonfirmasi hingga hari Sabtu (6/1) mencapai 110 orang. Jumlah korban meninggal ini ketika proses pencarian korban selamat di reruntuhan bangunan memasuki hari keenam.

Seperti kita tahu, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda pantai barat Jepang dan menghancurkan infrastruktur serta memutus jaringan listrik ke 22.000 rumah di wilayah Hokuriku. 

Gempa dahsyat ini disusul dengan hujan deras sehingga menghambat upaya untuk menyaring puing-puing bagi para korban yang selamat karena lebih dari 30.000 pengungsi menunggu bantuan.

Jumlah korban tewas yang dikonfirmasi Sabtu pada pukul 4 sore. (0700 GMT) pada adalah 110 . Jumlah ini naik dari 94 hari sebelumnya.

Dalam pemberitahuan di situs web pemerintah Ishikawa menunjukkan lebih dari 200 orang masih hilang setelah gempa paling mematikan dalam hampir delapan tahun terakhir.

“Saya sangat menyadari besarnya kerusakan yang ditimbulkan,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida ketika jumlah korban jiwa mencapai 100 orang.

JAPAN-QUAKE/

Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak 276 korban jiwa dalam gempa bumi pada tahun 2016 di wilayah barat daya Kumamoto, penghitungan yang mencakup kematian terkait.

Kishida mengatakan kepada pejabat pemerintah daerah untuk mempercepat upaya darurat untuk memulihkan jalan-jalan utama yang rusak akibat gempa sehingga kegiatan penyelamatan dan bantuan dapat ditingkatkan.

Pasukan Bela Diri Jepang akan menambah jumlah staf penyelamat sebanyak 400 hingga 5.400 orang, dengan gangguan jalan raya sebagai salah satu hambatan yang menghambat pengiriman pasokan bantuan.

Gempa juga menyebabkan tanah longsor, batu-batu besar, dan retakan jalan menyebabkan puluhan komunitas terpencil di prefektur Ishikawa terisolasi. 

Di distrik Fukamimachi, Wajima, helikopter dari Pasukan Bela Diri menerbangkan sedikitnya 14 warga ke tempat aman, menurut seorang saksi Reuters.

Juru kamera lepas Masao Mochizuki, 73, berdiri dalam antrean panjang di luar supermarket di kota Wajima setelah toko tersebut dibuka kembali pada hari Kamis, menunggu untuk membeli kebutuhan.

“Sungguh suatu bantuan bahwa mereka bisa membuka kembali,” kata Mochizuki kepada Reuters setelah membeli sekotak penutup pemanas, lembaran plastik biru untuk menutupi jendela pecah dan sepasang sepatu untuk melindungi dari pecahan kaca yang mengotori lantai rumahnya. rumah.

“Tetapi saya belum melihat jalan menuju rekonstruksi,” tambah Mochizuki, suaranya serak karena emosi.

TIDUR DI MOBIL

Meskipun para pengungsi telah memadati pusat evakuasi di Wajima untuk mendapatkan makanan, air dan kebutuhan pokok lainnya, beberapa warga memilih untuk tidur di dalam mobil mereka.

Gempa tanggal 1 Januari menghancurkan rumah kayu Yutaka Obayashi, 75, dan istrinya Akiko, 73. Namun setelah bermalam di tempat evakuasi darurat di pusat komunitas, mereka memutuskan untuk pulang dan tidur di kendaraan penumpang kecil mereka.

“Mata orang-orang membuatku sangat gugup,” kata Obayashi kepada Reuters, saat istrinya beristirahat di kursi bersandar di mobil mereka. "Aku hanya tidak suka hidup dengan banyak orang di sekitarku."

Pejabat cuaca memperingatkan kemungkinan hujan salju lebat di wilayah tersebut mulai Minggu malam hingga Senin pagi, yang dapat memicu bencana susulan, seperti tanah longsor.

Gemuruh seismik terus berlanjut, dengan gempa berintensitas 5 skala seismik Jepang di kota Anamizu pada Sabtu pagi.

Ayuko Noto, pendeta di kuil Juzo Wajima, yang sejarahnya sudah ada sejak 1.300 tahun yang lalu, juga memilih untuk tidur di mobilnya bersama anggota keluarganya, meski rumah mereka tahan gempa. Dengan cara ini mereka berharap dapat melindungi diri mereka dari gempa besar lebih lanjut dan kemungkinan gelombang tsunami.

“Gempa susulan masih terus terjadi,” kata Noto, 47 tahun. “Kami memilih mobil daripada rumah agar kami dapat segera mengungsi jika terjadi gempa besar lagi.”

Ketika ditanya berapa lama mereka akan terus melakukan hal itu, dia menjawab: "Saya tidak punya jawaban untuk itu."




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×