kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara klaim hingga saat ini warganya tidak ada yang terinfeksi virus corona


Kamis, 02 April 2020 / 16:52 WIB
Korea Utara klaim hingga saat ini warganya tidak ada yang terinfeksi virus corona
ILUSTRASI. Korea Utara tetap mengklaim benar-benar bebas dari virus corona. REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara tetap mengklaim benar-benar bebas dari virus corona. Kondisi tersebut dikatakan seorang pejabat kesehatan senior di Pyongyang saat rasa skeptisme dari luar negeri karena infeksi global yang dikonfirmasi hampir mencapai satu juta.

Korut yang sudah terisolasi dan bersenjatakan nuklir dengan cepat menutup perbatasannya pada Januari setelah virus pertama kali terdeteksi di negara tetangga China, dan memberlakukan tindakan pengamanan yang ketat.

Baca Juga: Brasil laporkan kasus pertama penduduk pribumi terjangkit virus corona

Pak Myong Su, direktur departemen anti-epidemi di Markas Pusat Darurat Anti-epidemi menegaskan bahwa upaya tersebut telah sepenuhnya berhasil. "Sejauh ini tidak ada satu orang pun yang terinfeksi coronavirus baru di negara kami," kata Pak kepada AFP.

"Kami telah melakukan tindakan preemptive dan ilmiah seperti inspeksi dan karantina untuk semua personel yang memasuki negara kami dan sepenuhnya mendisinfeksi semua barang, serta menutup perbatasan dan memblokir jalur laut dan udara."

Baca Juga: Pianis Jazz, Ellis Marsalis meninggal dunia karena komplikasi virus corona

Hampir setiap negara lain telah melaporkan kasus virus corona, dengan Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Rabu (1 April) bahwa ada hampir satu juta infeksi yang dikonfirmasi secara global.

Selain dari China, Korea Selatan juga mengalami salah satu wabah awal virus terburuk, yang telah menewaskan lebih dari 45.000 orang di seluruh dunia. Para ahli mengatakan Korut sangat rentan terhadap virus karena sistem medisnya yang lemah, dan para pembelot menuduh Pyongyang menutupi wabah.




TERBARU

[X]
×