kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Masuk Daftar Terbawah dalam Indeks Kebebasan Global


Jumat, 01 Maret 2024 / 15:25 WIB
Korea Utara Masuk Daftar Terbawah dalam Indeks Kebebasan Global
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri acara bersama pelajar untuk merayakan tahun baru di Pyongyang, Korea Utara, dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea pada 2 Januari 2024.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Korea Utara kembali masuk ke dalam daftar terbawah dalam indeks kebebasan global. Di dunia, hanya ada tiga negara yang memiliki kualitas kebebasan lebih buruk dari Korea Utara.

Freedom House, pengawas kebebasan yang berbasis di AS, dalam laporan bertajuk "Freedom in the World 2024" memberikan hanya 3 dari 100 poin pada indeks kebebasan untuk Korea Utara.

Melansir Yonhap, Korea Utara diberi poin 0 dari 40 poin dalam hal hak politik dan 3 poin dari 60 poin dalam hal kebebasan sipil.

Baca Juga: Korea Utara Batalkan Seluruh Kerja Sama Ekonomi dengan Korea Selatan

Negara-negara yang berada di belakang Korea Utara dalam indeks ini adalah Suriah dengan 1 poin, Sudan Selatan dengan 1 poin, dan Turkmenistan dengan dua poin. 

Sementara itu, negara Afrika Timur, Eritrea, mendapat 3 poin yang sama dengan Korea Utara.

Freedom House mengatakan, penindasan politik, pelanggaran hak asasi manusia, dan pengawasan terhadap warga sipil masih merajalela di Korea Utara.

Baca Juga: Kim Jong Un Semakin Kehilangan Kepercayaan Rakyatnya

Korea Utara secara konsisten masuk dalam kelompok negara dengan kebebasan terburuk sejak organisasi tersebut menerbitkan laporan tahunan pertamanya pada tahun 1973.

Dalam setiap laporannya, mereka memberi setiap negara skor dari 1 hingga 100 berdasarkan indeks yang berasal dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB, dan kemudian mengklasifikasikannya ke dalam tiga kategori "bebas", "bebas sebagian", dan "tidak bebas".

Poin yang didapat Korea Utara berbanding terbalik dengan tetangga sekaligus musuh bebuyutannya, Korea Selatan.

Korea Selatan mencetak 83 poin dalam indeks dan dikategorikan sebagai negara "bebas".




TERBARU

[X]
×