kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kota-kota di China Melonggarkan Pembatasan, Kebijakan Nol-COVID Semakin Jauh


Senin, 05 Desember 2022 / 09:55 WIB
Kota-kota di China Melonggarkan Pembatasan, Kebijakan Nol-COVID Semakin Jauh
ILUSTRASI. Kota-kota di China melonggarkan pembatasan, jalan keluar nol-COVID penuh terlihat agak jauh. ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/hp.


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Lebih banyak kota di China termasuk Urumqi di ujung barat mengumumkan pelonggaran pembatasan virus corona pada Minggu ketika China mencoba membuat kebijakan nol-COVIDnya lebih terarah dan tidak terlalu memberatkan setelah protes yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pembatasan akhir pekan lalu.

Urumqi, ibu kota wilayah Xinjiang dan tempat protes pertama kali meletus, akan membuka kembali mal, pasar, restoran, dan tempat lain mulai Senin, kata pihak berwenang, mengakhiri penguncian ketat setelah berbulan-bulan.

Tidak ada tanda-tanda kerusuhan yang signifikan akhir pekan ini, meskipun polisi dikerahkan di daerah Liangmaqiao di Beijing dan di Shanghai sekitar Jalan Wulumuqi, yang dinamai Urumqi. Kedua alobat protes seminggu yang lalu.

Baca Juga: Menilik Dampak Pembatasan Covid-19 Terhadap Olahraga dan Bisnis Ekonomi China

Kebakaran mematikan bulan lalu di Urumqi memicu puluhan protes terhadap pembatasan COVID di lebih dari 20 kota setelah beberapa pengguna media sosial mengatakan para korban tidak dapat melarikan diri dari kobaran api karena gedung apartemen mereka dikunci. Pihak berwenang membantahnya.

Protes tersebut merupakan pertunjukan pembangkangan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya di China daratan sejak Presiden Xi Jinping berkuasa pada tahun 2012. Sejak saat itu, banyak kota telah mengumumkan pelonggaran penguncian, persyaratan pengujian, dan aturan karantina.

Wakil Perdana Menteri Sun Chunlan, yang mengawasi upaya COVID, mengatakan minggu lalu kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit melemah - perubahan pesan yang sejalan dengan apa yang dikatakan banyak otoritas kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari setahun.

Baca Juga: Langkah Terbaru China Melawan Pagebluk Covid-19

China akan mengumumkan lebih lanjut pelonggaran persyaratan pengujian secara nasional serta mengizinkan kasus positif dan kontak dekat untuk diisolasi di rumah dalam kondisi tertentu, kata orang yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters pekan lalu.




TERBARU

[X]
×