Kuasai 20,9%, Berkshire Hathaway Kembali Beli Saham Occidental

Kamis, 29 September 2022 | 09:55 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Kuasai 20,9%, Berkshire Hathaway Kembali Beli Saham Occidental

ILUSTRASI. Berkshire Hathaway Chairman Warren Buffett


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berkshire Hathaway Inc, perusahaan milik Warren Buffett kembali membeli 5,99 juta saham Occidental Petroleum Corp. Itu membuat kepemilikan Berkshire Hathaway menjadi 20,9%, setelah harga saham perusahaan minyak itu turun sekitar seperlima dari nilainya dalam waktu kurang dari sebulan.

“Pembelian dilakukan antara 26 September dan 28 September dan menelan biaya sekitar US$ 352 juta,” kata Berkshire dalam pengajuan dikutip dari Reuters, Kamis (29/9).

Setelah pembelian, Berkshire sekarang memiliki sekitar 194,4 juta saham Occidental dengan total nilai sekitar US$ 11,9 miliar, berdasarkan harga penutupan saham Occidental yang sebesar US$ 61,41 pada Rabu (28/9).

Pada bulan Agustus, regulator energi AS memberi izin kepada Berkshire untuk membeli hingga 50% saham biasa Occidental. Berkshire juga memiliki US$ 10 miliar saham preferen Occidental, yang menghasilkan dividen tahunan sebanyak US$ 800 juta tahunan.

Baca Juga: 3 Taktik Investasi Warren Buffett yang Bisa Bikin Anda Jadi Kaya, Jarang yang Tahu

Asal tahu saja, terakhir kali Berkshire membeli saham Occidental terjadi pada tujuh pekan lalu. Pembelian tersebut  mendorong kepemilikan Berkshire atas Occidental di atas 20%.

Harga saham perusahaan minyak yang berbasis di Houston itu kemudian naik, dan berada di puncak saat menyentuh level US$ 77,11 pada 29 Agustus, sebelum turun di tengah pelemahan yang lebih luas di bursa saham AS.

Harga saham Occidental naik lebih dari dua kali lipat tahun ini, diuntungkan dari kenaikan harga minyak menyusul invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina.

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru