kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laporan PBB: Korea Utara Kembangkan Nuklir, Rudal, Raup Untung dari Serangan Siber


Minggu, 06 Februari 2022 / 05:42 WIB
Laporan PBB: Korea Utara Kembangkan Nuklir, Rudal, Raup Untung dari Serangan Siber
ILUSTRASI. Sebuah rudal diluncurkandalam foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), . FOTO KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Korea Utara terus mengembangkan program rudal nuklir dan balistiknya selama setahun terakhir, dan serangan siber pada pertukaran mata uang kripto merupakan sumber pendapatan tinggi bagi Pyongyang, menurut kutipan laporan rahasia PBB yang terlihat Sabtu (5/2).

Mengutip Reuters, Minggu (6/2), laporan tahunan oleh pemantau sanksi independen telah diserahkan pada Jumat malam oleh komite sanksi Korea Utara Dewan Keamanan PBB.

"Meskipun tidak ada uji coba nuklir atau peluncuran ICBM (rudal balistik antarbenua) yang dilaporkan, DPRK terus mengembangkan kemampuannya untuk produksi bahan fisil nuklir," tulis para ahli.

Korea Utara secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK). Ini telah lama dilarang melakukan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik oleh Dewan Keamanan PBB.

“Pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur nuklir dan rudal balistik DPRK terus berlanjut, dan DPRK terus mencari materi, teknologi, dan pengetahuan untuk program-program ini di luar negeri, termasuk melalui sarana dunia maya dan penelitian ilmiah bersama,” kata laporan itu.

Baca Juga: Kim Jong Un: Olimpiade Beijing yang Sukses adalah Kemenangan Besar China

Sejak 2006, Korea Utara telah dikenai sanksi PBB, yang telah diperkuat oleh Dewan Keamanan selama bertahun-tahun dalam upaya menargetkan pendanaan untuk program nuklir dan rudal balistik Pyongyang.

Pemantau sanksi mencatat bahwa telah terjadi "percepatan yang nyata" dari pengujian rudal oleh Pyongyang.

Amerika Serikat dan lainnya mengatakan pada hari Jumat bahwa Korea Utara telah melakukan meluncurkan sembilan rudal balistik pada bulan Januari, menambahkan itu adalah jumlah terbesar dalam satu bulan dalam sejarah program senjata pemusnah massal dan rudal negara itu.

“DPRK menunjukkan peningkatan kemampuan untuk penyebaran cepat, mobilitas luas (termasuk di laut), dan peningkatan ketahanan pasukan misilnya,” kata pemantau sanksi.

Misi Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Serangan siber

Para pemantau mengatakan serangan siber, terutama pada aset mata uang kripto, tetap menjadi sumber pendapatan penting bagi Korea Utara. Mereka telah menerima informasi bahwa peretas Korea Utara terus menargetkan lembaga keuangan, perusahaan mata uang kripto, dan bursa.

"Menurut negara anggota, pelaku siber DPRK mencuri lebih dari $50 juta antara tahun 2020 dan pertengahan 2021 dari setidaknya tiga pertukaran mata uang kripto di Amerika Utara, Eropa dan Asia," kata laporan itu.

Pemantau juga mengutip laporan bulan lalu oleh perusahaan keamanan siber Chainalysis yang mengatakan Korea Utara meluncurkan setidaknya tujuh serangan pada platform cryptocurrency yang mengekstraksi aset digital senilai hampir $400 juta tahun lalu.

Pada tahun 2019, pemantau sanksi PBB melaporkan bahwa Korea Utara telah menghasilkan sekitar $2 miliar untuk program senjata pemusnah massalnya menggunakan serangan siber yang meluas dan semakin canggih.

Baca Juga: Istri Kim Jong Un Kembali Muncul di Publik Setelah Menghilang Selama Lima Bulan

Laporan terbaru mengatakan blokade ketat Korea Utara dalam menanggapi pandemi COVID-19 berarti "perdagangan gelap, termasuk barang-barang mewah, sebagian besar telah dihentikan."

Selama bertahun-tahun Dewan Keamanan PBB telah melarang ekspor Korea Utara termasuk batubara, besi, timah, tekstil dan makanan laut, dan membatasi impor minyak mentah dan produk minyak olahan.

"Meskipun ekspor maritim dari DPRK untuk batubara meningkat pada paruh kedua tahun 2021, mereka masih pada tingkat yang relatif rendah," kata para pemantau.

"Jumlah impor gelap minyak sulingan meningkat tajam pada periode yang sama, tetapi pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya," kata laporan itu. 
"Pengiriman langsung oleh kapal tanker non-DPRK ke DPRK telah dihentikan, mungkin sebagai tanggapan terhadap tindakan COVID-19: sebagai gantinya, hanya kapal tanker DPRK yang mengirimkan minyak."

Situasi kemanusiaan Korea Utara "terus memburuk," kata laporan itu. 

Para pemantau mengatakan itu mungkin karena blokade COVID-19, tetapi kurangnya informasi dari Korea Utara membuat sulit untuk menentukan berapa banyak sanksi PBB yang secara tidak sengaja merugikan warga sipil.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×