kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS944.000 2,83%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Larangan perjalanan total warga Wuhan, transportasi publik tak beroperasi


Kamis, 23 Januari 2020 / 06:07 WIB
Larangan perjalanan total warga Wuhan, transportasi publik tak beroperasi
ILUSTRASI. Penyebaran virus corona di Wuhan China menimbulkan kecemasan warga. REUTERS/Stringer

Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WUHAN. Media CCTV melaporkan, pejabat di Wuhan mengumumkan larangan perjalanan total pada warganya di tengah wabah koronavirus yang telah menewaskan 17 orang dan menginfeksi lebih dari 550 orang di seluruh China.

Melansir South China Morning Post, larangan yang dikeluarkan oleh otoritas komando pusat virus Wuhan, mengatakan bahwa mulai pukul 10:00 hari ini (23/1/2020), bus kota, kereta bawah tanah, feri, dan transportasi penumpang jarak jauh akan ditangguhkan di kota.

Penerbangan dan kereta api yang berangkat dari Wuhan juga akan diskors sementara. Pemberitahuan itu tidak mengatakan kapan layanan akan dilanjutkan.

Meski demikian, tidak sebutkan apakah mobil pribadi masih boleh digunakan. Akan tetapi, pengumuman itu  menegaskan "warga tidak boleh meninggalkan kota kecuali ada kondisi khusus".

Baca Juga: Wabah menyebar cepat, ini lima fakta virus corona yang bikin masyarakat dunia cemas

Dengan populasi 11 juta, Wuhan lebih besar dari London atau New York. Virus ini sekarang telah menyebar ke Amerika Serikat, Thailand, Jepang dan Korea Selatan.

"Larangan itu adalah untuk mencegah dan mengendalikan epidemi tipe baru infeksi coronavirus yang terbaik, secara efektif memutus penularan virus, dan mengekang penyebaran epidemi demi memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat," demikian bunyi pemberitahuan itu seperti yang dikutip South China Morning Post.

Pemerintah kota Wuhan juga mengeluarkan pemberitahuan yang mengamanatkan bahwa setiap orang harus mengenakan masker di tempat-tempat umum, dan bahwa staf departemen negara dan lembaga-lembaga publik diwajibkan mengenakan masker saat mereka bertugas.

Baca Juga: Punya rute ke Wuhan, Lion Air siapkan upaya pencegahan virus corona

Sebelum pengumuman Wuhan, provinsi Jiangsu memposting perintah pelarangan bus yang berangkat dari kota-kota ke Wuhan, dan mendirikan jalur khusus di bandara dan stasiun kereta api untuk memeriksa penumpang dari Wuhan.




TERBARU

Close [X]
×