kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laut China Selatan memanas, Filipina perpanjang perjanjian militer dengan AS


Rabu, 03 Juni 2020 / 14:32 WIB
Laut China Selatan memanas, Filipina perpanjang perjanjian militer dengan AS
ILUSTRASI. Kapal penjaga pantai atau daerah perbatasan laut Filipina di Laut China Selatan.


Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - MANILA. Filipina membalikkan keputusannya untuk mengakhiri perjanjian militer penting dengan Amerika Serikat (AS) karena ketegangan teritorial dengan China yang makin memanas di Laut Cina Selatan.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte akhirnya memutuskan mempertahankan The Visiting Forces Agreement (VFA) atau perjanjian kunjungan pasukan dengan AS.

"Ini sehubungan dengan perkembangan politik dan lainnya di kawasan ini," kata Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr dalam sebuah posting media sosial yang dikutip CNN, Selasa (3/6).

Baca Juga: China kerahkan kapal induk kedua Shandong sebagai respons kehadiran militer AS

Perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1988 tersebut, memberikan akses bagi pesawat dan kapal militer AS masuk gratis ke Filipina dan melonggarkan pembatasan visa bagi personel militer AS.

Sebelumnya, pada bulan Fenruari 2020, Pemerintah Filipina telah memberikan pemberitahuan selama 180 hari kepada AS untuk mengakhiri kesepakatan tersebut.

Namun, belakangan Filipina berubah haluan. "Aliansi lama kami telah memberi manfaat bagi kedua negara, dan kami berharap untuk melanjutkan kerja sama keamanan dan pertahanan yang erat dengan Filipina," demikian pernyataan dari Kedutaan Besar AS di Manila.

Filipina pernah menjadi rumah bagi dua pangkalan militer terbesar Amerika di luar AS yakni Pangkalan Udara Clark dan Stasiun Angkatan Laut Subic Bay.

Meskipun tidak lagi menjadi pangkalan AS sejak awal 1990-an, pasukan AS masih memiliki akses di bawah perjanjian VFA dan Manila mempertahankan hubungan militer yang kuat dengan Washington.

Tetapi selama beberapa tahun terakhir, Duterte telah mencoba menyingkirkan hubungan historis Filipina dengan AS dan lebih melirik China yang telah menawarkan hubungan ekonomi lebih dekat dengan Manila.

"Saya butuh China. Lebih dari siapa pun pada saat ini, saya butuh China," kata Duterte sebelum terbang ke Cina pada April 2018 silam.

Dibandingkan dengan para pendahulunya, Duterte melihat perselisihan wilayah Filipina yang sedang berlangsung di Laut Cina Selatan lebih bisa dinegosiasikan.

Baik Filipina dan China adalah di antara beberapa negara dengan klaim laut yang tumpang tindih, atau bagian dari itu.

China mengklaim hampir semua 1,3 juta mil Laut Cina Selatan sebagai miliknya meskipun penuntut lain memiliki perbatasan yang jauh lebih dekat dengan perairan yang disengketakan.

Tahun lalu, Duterte mengatakan, dia telah ditawari saham pengendali dalam kesepakatan energi dengan China oleh Presiden China Xi Jinping sebagai imbalan karena mengabaikan arbitrase internasional yang menguntungkan Manila di Laut Cina Selatan.

Pada tahun 2016, pengadilan di Den Haag memutuskan mendukung Filipina dalam sengketa maritim dan menyimpulkan bahwa Tiongkok tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah atas sebagian besar Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Kamboja sangkal beri hak ekslusif ke militer China gunakan pangkalan angkatan lautnya




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×