Laut China Selatan Panas Lagi, 2 Kelompok Serang Kapal Induk AS Gelar Latihan Tempur

Senin, 24 Januari 2022 | 21:09 WIB Sumber: Reuters
Laut China Selatan Panas Lagi, 2 Kelompok Serang Kapal Induk AS Gelar Latihan Tempur

ILUSTRASI. Kelompok serang kapal induk Angkatan Laut AS, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan terlihat kembali memasuki perairan Laut China Selatan pada 17 Juli 2020.

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Dua kelompok kapal induk AS memasuki Laut China Selatan untuk melakukan latihan tempur, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan pada Senin (24/1), untuk meyakinkan sekutu sekaligus menunjukkan tekad untuk "menangkal pengaruh jahat".

Laut China Selatan, jalur air yang disengketakan, adalah salah satu dari banyak wilayah ketegangan antara AS dan China, yang mengklaim sebagian besar perairan tersebut dan telah membangun pangkalan militer di pulau-pulau buatan di sana.

Kapal perang Angkatan Laut AS secara rutin berlayar di dekat pulau-pulau buatan itu untuk menantang klaim kedaulatan China, yang membuat marah Beijing.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat alias Pentagon mengatakan, dua Grup Serang Kapal Induk Angkatan Laut AS, yang dipimpin oleh masing-masing kapal induk USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln, memulai operasi di Laut China Selatan pada Minggu (23/1).

Kelompok kapal induk akan melakukan latihan termasuk operasi perang anti-kapal selam, operasi perang udara, dan operasi larangan maritim untuk memperkuat kesiapan tempur, Pentagon mengungkapkan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Taiwan Siaga, 39 Pesawat Tempur dan Perang China Dekati Zona Pertahanannya

Baca Juga: Kapal Perang AS di Laut China Selatan, China Beri Peringatan Keras

Latihan militer akan berlangsung sesuai dengan hukum internasional di perairan internasional, Departemen Pertahanan AS menambahkan, tanpa memberikan perincian.

“Operasi seperti ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kemampuan tempur yang kredibel, meyakinkan sekutu dan mitra kami, dan menunjukkan tekad kami sebagai Angkatan Laut untuk memastikan stabilitas regional dan melawan pengaruh jahat,” kata Laksamana Muda J.T. Anderson, Komandan Grup Serang USS Abraham Lincoln, seperti dilansir Reuters.

Menurut Angkatan Laut AS, kedua kelompok kapal induk tersebut telah berlatih dengan Angkatan Laut Jepang pada Minggu (23/1) di Laut Filipina, sebuah wilayah yang mencakup perairan di sebelah Timur Taiwan.

Keberadaan dua kelompok kapal induk AS itu bertepatan dengan Taiwan yang melaporkan serangan terbaru oleh Angkatan Udara China ke zona identifikasi pertahanan udara di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di bagian Utara Laut China Selatan.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru