kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.473.000   -10.000   -0,67%
  • USD/IDR 15.670   -45,00   -0,29%
  • IDX 7.480   -21,20   -0,28%
  • KOMPAS100 1.161   -5,21   -0,45%
  • LQ45 929   -2,36   -0,25%
  • ISSI 225   -0,74   -0,33%
  • IDX30 479   -0,78   -0,16%
  • IDXHIDIV20 577   -1,34   -0,23%
  • IDX80 132   -0,31   -0,24%
  • IDXV30 141   -0,06   -0,04%
  • IDXQ30 160   -0,35   -0,22%

Lebih dari 80% dari 100 Taipan Terkaya di India Hartanya Melonjak Signifikan


Kamis, 10 Oktober 2024 / 16:44 WIB
Lebih dari 80% dari 100 Taipan Terkaya di India Hartanya Melonjak Signifikan
ILUSTRASI. Tahun 2024 mencatat sejarah baru bagi 100 orang terkaya di India. (Photo by Indranil Aditya/NurPhoto)


Sumber: Forbes | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2024 mencatat sejarah baru bagi 100 orang terkaya di India, dengan kekayaan kolektif mereka melampaui angka triliun dolar untuk pertama kalinya.

Optimisme investor terhadap kebangkitan ekonomi India, khususnya setelah Narendra Modi terpilih kembali sebagai Perdana Menteri untuk periode ketiga pada bulan Juni, mendorong pasar saham ke tingkat yang lebih tinggi. Indeks acuan BSE Sensex melonjak 30% sejak penghitungan kekayaan dilakukan setahun yang lalu.

Kekayaan total 100 orang terkaya India kini mencapai US$1,1 triliun, lebih dari dua kali lipat kekayaan mereka pada tahun 2019. Dalam 12 bulan terakhir saja, mereka menambah US$316 miliar atau sekitar 40%.

Lebih dari 80% orang terkaya di India mengalami peningkatan kekayaan, dengan 58 di antaranya menambahkan lebih dari US$1 miliar ke kekayaan bersih masing-masing.

Enam di antara mereka mencatat kenaikan lebih dari US$10 miliar, termasuk lima orang teratas yang secara kolektif menambah hampir US$120 miliar. Dua belas orang terkaya menyumbang sekitar setengah dari total kekayaan kelompok ini.

Baca Juga: Miliarder Mark Cuban Pernah Menjalankan Skema Ponzi untuk Membayar Biaya Kuliahnya

Mukesh Ambani Tetap di Puncak

Mukesh Ambani, ketua dan direktur pelaksana Reliance Industries, mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di India. Kekayaannya meningkat sebesar US$27,5 miliar menjadi US$119,5 miliar, menjadikannya orang terkaya kedua di India dalam hal kenaikan dolar tahun ini.

Selain itu, Ambani juga memberikan hadiah Diwali kepada para investor Reliance dalam bentuk pembagian saham bonus. Tahun ini, namanya sering muncul di berita terkait perayaan mewah yang diadakan untuk pernikahan putranya, Anant Ambani.

Gautam Adani: Peningkatan Kekayaan Terbesar

Posisi kedua ditempati oleh Gautam Adani, raja infrastruktur yang berhasil pulih dari serangan short-selling tahun lalu. Bersama saudaranya, Vinod Adani, mereka menambahkan US$48 miliar ke kekayaan keluarga, menjadikan total kekayaan mereka US$116 miliar.

Adani baru-baru ini menempatkan putra dan keponakannya dalam posisi strategis di perusahaan, mengukuhkan posisinya di urutan kedua.

Savitri Jindal: Wanita Terkaya di India

Savitri Jindal, pemimpin konglomerat baja dan energi O.P. Jindal Group, naik ke peringkat ketiga untuk pertama kalinya. Putranya, Sajjan Jindal, baru-baru ini melakukan ekspansi ambisius ke kendaraan listrik dengan bermitra dengan MG Motor.

Jindal adalah salah satu dari sembilan wanita yang masuk dalam daftar 100 orang terkaya India, meningkat dari delapan orang pada tahun sebelumnya. Tambahan baru dalam daftar wanita terkaya adalah Mahima Datla, yang memimpin perusahaan produsen vaksin swasta, Biological E.

Baca Juga: Kekayaan Pemilik Dior dan Gucci Mengalami Penurunan Senilai US$14 Miliar

Pendatang Baru dan Tren Sektor Farmasi

Mahima Datla adalah salah satu dari empat pendatang baru dalam daftar ini. Di antara pendatang baru lainnya adalah B. Partha Saradhi Reddy, pendiri Hetero Labs, produsen obat generik dan bahan farmasi.

Harish Ahuja, pemilik produsen pakaian Shahi Exports, juga masuk daftar setelah perusahaannya meraih kesuksesan di pasar ekspor dengan label seperti H&M dan Calvin Klein. Surender Saluja, pendiri dan ketua Premier Energies, menjadi miliarder setelah perusahaannya yang memproduksi panel surya terdaftar di bursa saham pada bulan September.

India adalah pusat produksi farmasi dunia, dan kekayaan para pengusaha farmasi di negara ini terus berkembang seiring dengan upaya mereka menguasai pasar global.

Dilip Shanghvi, pendiri Sun Pharmaceutical Industries, naik tiga peringkat ke posisi lima dengan kekayaan US$32,4 miliar berkat meningkatnya permintaan untuk produk perawatan kulit yang diproduksi oleh perusahaannya. Sementara itu, saudara kandung Sudhir & Samir Mehta, pemilik Torrent Group, lebih dari dua kali lipat kekayaan mereka menjadi US$16,3 miliar.

Sektor Properti: Pertumbuhan Pesat

Sektor properti juga mencatat pertumbuhan signifikan, dengan tingginya permintaan untuk perumahan yang mendorong penjualan. Empat pengusaha properti ternama dalam daftar ini melihat kekayaan mereka meningkat lebih dari US$16 miliar secara gabungan.

Salah satu pengusaha properti yang menonjol adalah Irfan Razack dan saudara-saudaranya, pemilik Prestige Estates Projects yang berbasis di Bangalore. Mereka kini mulai merambah pasar properti di Mumbai, pusat keuangan India. Keluarga Razack adalah salah satu dari lima anggota yang kembali masuk daftar setelah sebelumnya keluar dari daftar orang terkaya.

Baca Juga: Taipan Singapura Ini Menghadapi Kasus Hukum Terkait Gratifikasi

Pembagian Kekayaan Keluarga Godrej

Keluarga Godrej yang terkenal akhirnya menyelesaikan pembagian kekayaan mereka antara dua faksi pada bulan April 2024. Akibatnya, mereka kini muncul secara terpisah dalam daftar orang terkaya.

Adi & Nadir Godrej, yang mengendalikan perusahaan terdaftar di bawah Godrej Industries Group, kini muncul terpisah dari sepupu mereka, Jamshyd Godrej dan Smita Crishna Godrej, yang mengendalikan Godrej & Boyce, perusahaan unggulan mereka di bawah Godrej Enterprises Group.

Generasi Baru Miliarder

Daftar ini juga mencatat kehadiran enam miliarder berusia 90-an, sebagian besar dari mereka telah menyerahkan kendali bisnis kepada generasi berikutnya. Anggota termuda dalam daftar ini adalah Nikhil Kamath, 38 tahun, yang bersama saudaranya Nithin, 45 tahun, mendirikan dan mengelola broker diskon Zerodha.

Peningkatan kekayaan yang pesat mendorong batas minimal kekayaan untuk masuk daftar meningkat dari US$2,3 miliar pada 2023 menjadi US$3,3 miliar tahun ini. Hal ini membuat 11 miliarder dari tahun lalu tersingkir dari daftar.

Selanjutnya: Unilever Resmi Jual Bisnis di Rusia Pada Arnest Group

Menarik Dibaca: 16 Provinsi Waspada Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok (11/10) Hujan Deras




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×