kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Lewat Energy Expert, Alibaba Cloud Dorong Gerakan Rendah Karbon di Asian Games


Kamis, 28 September 2023 / 10:15 WIB
Lewat Energy Expert, Alibaba Cloud Dorong Gerakan Rendah Karbon di Asian Games
ILUSTRASI. William Xiong, Vice President of Alibaba Cloud Intelligence dan General Manager of Enterprise Service Cloud, dalam pemaparan Energy Expert kepada wartawan di Hangzhou, China, Kamis (28/9).


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - HANGZHOU. Guna mempromosikan keberlanjutan dan inklusivitas Asian Games 2022 di Hangzhou, China, Alibaba Cloud meluncurkan aplikasi web keberlanjutan Energy Expert. 

Peluncuran Energy Expert untuk para atlet, jurnalis, dan staf dalam tiga Asian Games Village bertujuan untuk mendorong gerakan rendah karbon.

"Teknologi berbasis cloud membantu mendorong pengembangan Asian Games yang berkelanjutan dan inklusif," kata Jingren Zhou, Chief Technology Officer (CTO) Alibaba Cloud Intelligence, dalam pemaparan Energy Expert kepada wartawan termasuk KONTAN di Hangzhou, Kamis (28/9).

"Kami ingin memanfaatkan kekuatan teknologi, bekerjasama dengan mitra kami, untuk mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam upaya kami membuat Asian Games lebih ramah lingkungan dan lebih mudah diakses oleh semua orang," ujarnya.

Jingren Zhou menjelaskan, Energy Expert merupakan aplikasi web gaya hidup berkelanjutan yang membantu komunitas Asian Games 2022 Hangzhou mengadopsi gaya hidup rendah karbon dan mengurangi jejak karbon mereka melalui keterlibatan secara digital.

Baca Juga: Dongkrak Efisiensi Asian Games Hangzhou, Alibaba Sempurnakan Aplikasi Super DingTalk

Aplikasi web interaktif ini memberikan poin kepada para atlet, jurnalis, dan staf Asian Games dengan poin karbon karena telah memilih gaya hidup yang ramah lingkungan, seperti menggunakan transportasi umum, mendaur ulang sampah, dan mengurangi limbah makanan. 

Di seluruh Asian Games Village, para peserta bisa memindai kode QR untuk mencatat aktivitas rendah karbon mereka di aplikasi web, mulai dari tidak menggunakan kantong plastik di supermarket hingga mengambil foto piring bersih mereka di kantin sebagai upaya untuk mengurangi limbah makanan.

Di balik aplikasi web tersebut, terdapat sistem yang menerjemahkan aktivitas rendah karbon individu menjadi poin karbon. Para peserta dapat mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan pin bertema Asian Games edisi terbatas dan produk-produk rendah karbon. 

Aplikasi web ini telah menarik 310.000 pengunjung untuk berpartisipasi dalam kegiatan rendah karbon di seluruh Asian Games Village, dan telah mencatatkan 7 ton pengurangan karbon melalui kegiatan tersebut sejak pembukaan Asian Games Villages pada 16 September lalu.

"Alibaba Cloud telah membuktikan keahliannya dalam mendukung organisasi dan inisiatif keberlanjutan acara olahraga dengan teknologi digital," sebut William Xiong, Vice President of Alibaba Cloud Intelligence dan General Manager of Enterprise Service Cloud.

Baca Juga: Ini Kecanggihan Core Systems Alibaba Cloud di Asian Games Hangzhou 2023

Melalui aplikasi web gaya hidup berkelanjutan yang inovatif, Alibaba Cloud ingin mendorong para peserta Asian Games 2022 Hangzhou untuk menjadi lebih berkelanjutan.

Caranya, "Dengan mencatat pilihan mereka yang ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari dan membantu mereka melihat dampak nyata dari pilihan mereka," imbuh William Xiong.

Alibaba Cloud menggunakan alat manajemen karbon berbasis kecerdasan buatan (AI), Energy Expert, untuk mengukur dan meminimalisir jejak karbon dalam pembuatan maskot Asian Games 2022 Hangzhou. 

Sebagai contoh, menurut penilaian Energy Expert, salah satu dari tiga maskot, Congcong, memiliki jejak karbon cradle-to-gate sebesar 1,59 kg karbon dioksida setara (CO2e), yang berasal dari tiga sumber utama, termasuk penggunaan listrik, pengemasan, dan bahan baku.

Dengan menyarankan pabrik-pabrik untuk meningkatkan penggunaan tenaga surya dan mengadopsi desain yang lebih ramah lingkungan, platform keberlanjutan membantu memangkas jejak karbon produk sebesar 0,15 kg CO2e per item.

Baca Juga: Alibaba Cloud Jalin Kemitraan dengan Sejumlah Pemimpin Teknologi Global

Untuk mendorong partisipasi dalam skala yang lebih luas, Alibaba Cloud telah bermitra dengan 10 perusahaan dan merek, mulai dari ritel, transportasi, hingga perbankan, untuk berjalan secara berkelanjutan di dalam kawasan Asian Games Villages. 

Energy Expert menyediakan pengukuran jejak karbon, penghitungan netralitas karbon, dan layanan sertifikasi untuk pusat penukaran pin dan toko-toko rendah karbon dengan instalasi hemat energi di salah satu Asian Games Village.

Sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan selama Asian Games, Energy Expert membantu perusahaan susu asal Cina, Yili, untuk mengidentifikasi sumber emisi karbon dari tokonya di Asian Games Village. 

Dan, menawarkan rencana optimalisasi penggunaan listrik untuk mengurangi jejak karbonnya, termasuk meningkatkan penggunaan tenaga surya serta memasang lampu dan pendingin ruangan yang hemat energi di toko tersebut. 

Energy Expert juga menyarankan Yili untuk membangun bagian khusus untuk produk rendah karbon dan meluncurkan mesin daur ulang karton susu.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×