LG Energy Solution diproyeksi dapat US$ 10,9 miliar, rekor IPO terbesar di Korea

Selasa, 07 Desember 2021 | 17:49 WIB Sumber: Reuters
LG Energy Solution diproyeksi dapat US$ 10,9 miliar, rekor IPO terbesar di Korea

ILUSTRASI. IPO LG Energy Solution diprediksi jadi yang terbesar di Korea Selatan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Rencana LG Energy Solution (LGES) go public, diprediksi akan memecahkan rekor penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) terbesar di Korea Selatan. Perusahaan diproyeksi mendapatkan dana segar hingga 12,8 triliun won atau setara US$ 10,87 miliar dari aksi korporasi itu.

Dalam pengajuan laporan IPO, LG Energy Solution berniat menawarkan 34 juta saham baru dengan harga kisaran 257.000 hingga 300.000 won per saham.

Bahkan jika nantinya harga IPO ada di kisaran harga terendah, LG tampaknya tetap akan menempati posisi teratas daftar IPO terbesar di Korea Selatan. Selama ini, posisi tersebut dipegang oleh IPO Samsung Life Insurance yang berhasil meraup dana segar hingga 4,9 triliun won di tahun 2010 silam.

Selain itu, dalam pengajuan secara terpisah diketahui, LG Chem juga berencana untuk menawarkan 8,5 juta saham yang ada dalam kisaran harga yang sama.

Dalam kisaran ini, valuasi LGES akan mencapai 70,2 triliun won atau setara US$ 59,55 miliar, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Anak Usaha LG Chem Pemasok Baterai Kendaraan Listrik, Dapat Persetujuan Awal IPO

IPO bisa menjadikan LGES sebagai perusahaan ketiga paling berharga di Korea Selatan, setelah Samsung Electronics Co Ltd dan SK Hynix Inc.  

Rencananya dana IPO yang didapat LGESS akan digunakan pembuat baterai tersebut untuk memperluas dan memenuhi permintaan yang meningkat untuk baterai kendaraan listrik.

"Melalui IPO ini, kami secara preemptif menanggapi permintaan pasar baterai lithium-ion, yang diperkirakan akan tumbuh pesat," kata Chief Executive Officer LGES Kwon Young Soo dalam sebuah pernyataan.

LGES merupakan anak perusahaan baterai yang dimiliki sepenuhnya oleh LG Chem Ltd dan memasok antara lain Tesla Inc, General Motor Co dan Hyundai Motor Co.

Di sisi lain, penetapan harga kisaran IPO LGES dinilai sejumlah analis termasuk rendah. "Itu terlalu murah," kata Rho Woo-ho, analis di Meritz Securities.

Dia menyebut, target kapasitas produksi LGES untuk tahun 2025, bahkan mirip dengan saingannya yang lebih besar di China, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL).

Baca Juga: Citigroup akan kembali melepas asetnya di kawasan Asia

Asal tahu saja, kapitalisasi pasar CATL saat ini sudah mencapai 1,6 triliun yuan atau US$ 251,28 miliar.

"Saya pikir mereka sengaja menurunkan kisaran harga. Alasannya, pertama untuk membangun konsensus pasar bahwa nilainya bagus, dan kedua, karena (induk) LG Chem bermaksud mempertahankan sekitar 80% saham, jumlah saham yang diperdagangkan akan sangat banyak, jadi kecil kemungkinan permintaan dan harga sahamnya naik," ujar Rho.

LGES ditargetkan mengumumkan harga IPO pada pertengahan Januari, dan listing di Seoul pada akhir bulan Januari 2022.

Pasar IPO di Korea Selatan pada tahun ini menjadi yang terpanas. Lebih dari 20 perusahaan telah go public di pasar saham KOSPI dan mengumpulkan sekitar 17 triliun won. Jumlah tersebut mengalahkan 8,8 triliun won yang dikumpulkan pada 2010, rekor tahunan terbesar.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru