kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Lima fakta Warren Buffett yang tidak diketahui orang


Jumat, 30 Agustus 2019 / 08:00 WIB
Lima fakta Warren Buffett yang tidak diketahui orang

Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett  memiliki kekayaan berlimpah hingga US$ 79,1 miliar sudah banyak orang tahu. Nasihat-nasihatnya untuk berinvestasi  juga sudah banyak dikutip orang. Bahkan kehidupan pribadi Buffett pun sudah banyak yang menulisnya.

Namun, ada hal-hal terkadang luput dari rasa ingin tahu orang. Inilah lima fakta mengenai Warren Buffett yang  jarang diketahui orang.


Buffett makan banyak junk food

Buffett pernah mengatakan bahwa dia memiliki diet anak berusia enam tahun, dan itu tidak berseloroh. Makanan favorit Buffett memang makanan ramah anak-anak seperti Coke, cheeseburger, dan es krim. Dia minum lima kaleng Coke sehari dan berayun-ayun di dekat drive-thru McDonald untuk sarapan.

Baca Juga: Warren Buffett: Makanan favorit saya tidak berubah sejak berusia 6 tahun

Buffett masih tinggal di rumah yang dibelinya pada tahun 1958

Buffett membeli rumah  di Omaha pada 1958, dan ia tetap tinggal di sana hingga sekarang.  Rumah tersebut  berharga  US$ 31.500 saat dibeli,  sekarang  rumah dengan lima kamar tidur itu bernilai sekitar US$ 652.000, menurut Business Insider.  Memang, pada 1971, Buffett pernah membeli rumah untuk berlibur di Laguna Beach, California, dengan harga US$  150.000. Namun, rumah itu  hanya bertahan  hingga Oktober 2018.  Buffett menjualnya seharga US$ 7,5 juta.

Baca Juga: Duh, betapa hematnya Warren Buffett

Buffett awalnya ingin pensiun pada usia 25 tahun

Miliarder Buffett hampir saja pensiun. Pada usia 25, pada 1955, ia telah mengumpulkan  hartanya sebesar US$ 127.000.  Dia sempat berpikir  untuk  kembali ke Omaha dan menjalani kehidupan yang tenang dari  bunga  bank. Tetapi Buffett memiliki pemikiran kedua, dan  rencana pensiun itu  tinggal menjadi  sejarah.


Buffett memiliki pernikahan yang tidak mulus

Buffett menikah dengan istri pertamanya, Susan, selama lebih dari 50 tahun. Namun,  pernikahan tidak berjalan mulus.  Hal itu terjadi terutama  ketika Buffett berselingkuh dengan Katherine Graham, penerbit Washington Post. Susan memutuskan cukup sampai di situ saja dan berjalan keluar.  Tapi, menurut Cheatsheet,  Susan memang baik,  dia berpikir Buffett tidak bisa hidup sendiri. Jadi Susan mengatur agar temannya, Astrid Menks, menjaga Buffett  hingga akhirnya  mereka hidup bersama. Tetapi Susan dan Warren tidak pernah bercerai.  Ketika Susan meninggal karena kanker pada 2004, Buffett berada di sisi istri pertamanya itu. Dua tahun setelah Susan meninggal, Buffett menikahi Menks.

Baca Juga: Warren Buffett: Saya tidak dapat mencegah. Itu pasti 95% kesalahan saya

Buffett berinvestasi pada bisnis yang aneh

Berkshire Hathaway memiliki perusahaan besar seperti Geico.  Tetapi  kepemilikan lain Buffett malah mengejutkan.  Dia memiliki  perpustakaan sekolah World Book Encyclopedias,  vakum Kirby, dan pisau Ginsu.  Dia juga memiliki Nebraska Furniture Mart dengan jaringan kecil  pada  empat lokasi di Midwest dan Texas, dan  memiliki Buffalo News, sebuah surat kabar harian di Buffalo, New York.♦



TERBARU

[X]
×