kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lingkungan di Wuhan terinfeksi setelah 40.000 keluarga berkumpul untuk potluck


Jumat, 07 Februari 2020 / 09:00 WIB
Lingkungan di Wuhan terinfeksi setelah 40.000 keluarga berkumpul untuk potluck
ILUSTRASI. Suasana kota Wuhan bak kota mati. INSTAGRAM/EMILIA via REUTERS


Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WUHAN. Sebuah lingkungan di Wuhan, kota di China tengah tempat virus korona baru pertama kali muncul, melaporkan setidaknya 10 kasus korban terinfeksi virus corona setelah pemerintah setempat mengizinkan 40.000 keluarga untuk mengumpulkan dan berbagi makanan buatan rumah mereka dalam perjamuan Tahun Baru Imlek bulan lalu. Acara ini tetap dilakukan meskipun wabah sudah menyebar di seluruh kota.

Banyak penduduk komunitas Baibuting provinsi Hubei, yang meliputi area seluas 4 km persegi dengan populasi 130.000 orang, mengalami gejala demam setelah menggelar acara tradisional pada 18 Januari. Caixin Global melaporkan, kondisi itu mendorong pemerintah setempat untuk memberi label 57 bangunan tempat tinggal di lingkungan tersebut sebagai "bangunan demam".

"Pada 1 Februari, kami menemukan lebih dari 10 kasus yang diduga, dan setahu saya ada dua infeksi. Ada lebih banyak kasus yang tidak saya ketahui," kata seorang pekerja komunitas perumahan Baibuting kepada Caixin Global pada Selasa (4 Februari) .

Baca Juga: Korban jiwa virus corona mencapai 637, bursa Asia turun jelang akhir pekan

Warga di gedung yang disebut -masing-masing terdiri atas perumahan 14 unit- mengatakan mereka tidak disarankan oleh pejabat pemerintah tentang tindakan pencegahan apa yang harus diambil bahkan setelah pintu masuk bangunan mereka disisipkan dengan kertas merah bertuliskan "bangunan demam".

"Masuk dalam daftar 'demam' tidak mempengaruhi kehidupan kita. Kita tidak benar-benar keluar dari rumah sekarang. Kadang-kadang kita turun untuk membeli barang-barang dan tidak ada yang mengendalikan kita," kata seorang penduduk.

Baca Juga: Virus corona merebak, Singapura jadi negara yang orang hindari

Menurut Pengamat Ekonomi berbahasa Mandarin, setidaknya ada 10 kasus infeksi yang teridentifikasi pada 4 Februari.

Kasus-kasus pertama dari virus terdeteksi di Wuhan ketika para pekerja di Pasar Makanan Laut Hunan yang menjual makanan laut, hewan dan burung  mengalami sakit pneumonia misterius.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×