kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Virus corona merebak, Singapura jadi negara yang orang hindari


Kamis, 06 Februari 2020 / 23:23 WIB
Virus corona merebak, Singapura jadi negara yang orang hindari
ILUSTRASI. Tentara Singapura menyiapkan masker di SAFTI Military Institute, sebelum mendistribusikannya ke seluruh negeri, 31 Januari 2020.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Di tengah kekhawatiran global atas virus corona baru, tampaknya China bukan satu-satunya tempat yang orang hindari. Singapura mungkin berada di urutan berikutnya dalam daftar.

Negeri Merlion saat ini adalah negara dengan jumlah kasus virus corona terkonfirmasi terbanyak kedua di luar China dengan 30 kasus, di belakang Jepang yang memiliki 45 kasus.

Sebagian besar dari kasus di Singapura adalah warga negara China asal Wuhan. Tapi, transmisi lokal terjadi setelah seorang pemandu wisata dan dua orang yang bekerja di sebuah toko melakukan kontak dengan kelompok wisatawan China pada 23 Januari lalu, lalu terkonfirmasi tertular virus corona baru pada Selasa (4/2).

Baca Juga: Stok menipis, sebuah kota di China cegat pengiriman masker untuk kota lain

Jumlah kasus penularan virus corona dari manusia ke manusia di Singapura meningkat menjadi 9 kasus pada Kamis (6/2). Selain itu, kasus-kasus baru muncul di Malaysia dan Korea Selatan, setelah seorang pria Malaysia dan seorang pria Korea Selatan mengunjungi Singapura untuk konferensi bisnis kemudian melakukan kontak dengan pebisnis dari China.

Melansir Business Insider, Kementerian Kesehatan Singapura, Kamis (6/2), mengatakan, Singapura harus bersiap-siap untuk kemungkinan kelompok infeksi baru yang melibatkan penduduk lokal yang tidak melakukan perjalanan ke China atau kontak dengan wisatawan Tiongkok baru-baru ini.

Dan, kemunculan klaster penularan lokal virus corona baru membuat takut para pelancong di seluruh dunia yang memiliki rencana untuk mengunjungi Singapura bulan ini.

Baca Juga: Filipina dan Thailand gunting suku bunga untuk antisipasi dampak wabah corona




TERBARU

Close [X]
×