kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manchester pangkas harga saham IPO menjadi US$ 14


Jumat, 10 Agustus 2012 / 12:10 WIB
Manchester pangkas harga saham IPO menjadi US$ 14
ILUSTRASI. Tersedia edisi cowok/cewek, intip harga sepeda Polygon Sierra Deluxe Sport terbaru


Reporter: Barratut Taqiyyah, BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Manchester United (MU) masih tetap pada niatannya untuk menggelar initial public offering (IPO). Hanya saja, ada sedikit perubahan yang dilakukan terkait IPO ini. MU terpaksa memangkas harga saham yang ditawarkan di New York.

Berdasarkan pernyataan resmi manajemen MU, klub sepakbola ini akan menjual sahamnya senilai US$ 14 per saham. Angka tersebut berada di bawah kisaran harga yang ditetapkan sebelumnya pada pekan lalu yakni US$ 16-uS$ 20 per saham.

Dengan penurunan harga saham tersebut, maka target dana yang akan dihimpun melalui aksi korporasi ini juga akan terpangkas dari target sebelumnya US$ 333 juta menjadi US$ 233 juta. Kabarnya, MU akan menggunakan dana tersebut untuk membayar sebagian utangnya. Dibalik kesuksesannya, klub ini masih menyimpan utang bernilai ratusan juta poundsterling.

Menurunkan harga saham IPO memang menjadi saran beberapa pihak terhadap MU. Alasannya, sulit menemukan pembeli yang berminat jika MU menetapkan harga yang tinggi.

Saham MU akan mulai ditransaksikan Jumat (10/8) dengan kode emiten Manu.

Suporter kecewa

Terkait rencana MU, banyak kritik yang datang. Salah satunya berasal dari Manchester United Supportes Trust (MUST) yang mengkritisi rencana IPO perusahaan untuk menghimpin dana.

"Sangat jelas bahwa penjualan saham MU merupakan perjanjian yang buruk bagi fans, investor, dan klub," demikian pernyataan MUST.

MUST menambahkan, bagi klub, rencana IPO sangat buruk karena sebagian besar dananya akan dibayarkan secara langsung kepada keluarga Glazer, di mana sebagian kecil dari dana tersebut digunakan untuk membayar utang sejak mereka mendirikan klub pada 2005.

Pada awal bulan ini, MUST juga mengajak para sponsor klub ini untuk melakukan boikot sebagai aksi protes pelaksanaan IPO.

Sekadar informasi, nilai dari klub Manchester United saat ini US$ 2,23 miliar. Ini menjadikan United sebagai klub olahraga paling mahal di dunia. Klub ini dikendalikan oleh keluarga Glazer, miliuner investor olah raga AS, sejak tahun 2005 dengan nilai pembelian senilai 790 juta poundsterling. Keluarga Glazer juga memiliki tim liga sepakbola AS, Tampa Bay Buccaneers.




TERBARU

[X]
×