kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manchester United targetkan dana IPO US$ 333 juta


Selasa, 31 Juli 2012 / 08:04 WIB
Manchester United targetkan dana IPO US$ 333 juta
ILUSTRASI. Makin betah main TikTok, video di TikTok berdurasi lebih panjang hingga 3 menit


Reporter: Barratut Taqiyyah, Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Manchester United Ltd, tim sepakbola Inggris, berencana menggelar initial public offering (IPO). Dari hajatan ini, salah satu klub sepakbola ternama dunia ini menargetkan mampu menghimpun dana senilai US$ 333 juta.

Berdasarkan Keterbukaan Informasi ke Bursa AS kemarin (30/7), perusahaan dan pemegang saham pengendali MU yakni keluarga Glazer akan menawarkan sekitar 16,7 juta saham. Adapun kisaran harganya adalah US$ 16 hingga US$ 20 per saham. United, yang beberapa pemainnya adalah Wayne Rooney dan Welshman Ryan Giggs, dijadwalkan akan menetapkan harga saham IPO pada 9 Agustus mendatang.

Untuk memuluskan hajatannya ini, United sudah menunjuk Jefferies Group Inc, Credit Suisse Group AG, dan JPMorgan Chase & Co sebagai penjamin emisi. Rencananya, dalam pencatatan saham di New York Stock Exchange, klub ini akan menggunakan simbol emiten MANU.

Sekadar informasi, nilai dari klub Manchester United saat ini US$ 2,23 miliar. Ini menjadikan United sebagai klub olahraga paling mahal di dunia. Klub ini dikendalikan oleh keluarga Glazer, miliuner investor olah raga AS, sejak tahun 2005 dengan nilai pembelian senilai 790 juta poundsterling. Keluarga Glazer juga memiliki tim liga sepakbola AS, Tampa Bay Buccaneers.

Menurut Josef Schuster, pengamat dari Ipox Schuster LLC, United memutuskan untuk mencatatkan saham di bursa AS setelah rencana serupa dengan target dana IPO senilai US$ 1 miliar di Singapura batal dilaksanakan. Rupanya, klub ini berupaya mengambil keuntungan berupa rebound di pasar saham AS. Dia menambahkan, dana hasil penerbitan IPO akan digunakan untuk membayar utang.

"Manchester United merupakan merek ternama dan kemungkinan memiliki bisnis merchandise yang sukses. Rencana ini akan dinilai menarik oleh sejumlah institusi jika harga yang ditetapkan sesuai," jelas Schuster.

Laporan keuangan United menunjukkan, sponsorships dan lisensi produk mendatangkan pendapatan senilai 89,5 juta poundsterling bagi perusahaan dalam sembilan bulan yang berakhor 31 Maret. Angka itu sepertiga dari total pendapatan yang berhasil dihimpun United.



Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×