Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Hendra Gunawan
NEW YORK. Upaya Alibaba Group Holding memperbesar kontribusi pendapatan dari luar China kian gencar. Chairman Alibaba, Jack Ma melawat ke Amerika Serikat (AS) untuk menarik lebih banyak penjual di website Alibaba.
Ma mengunjungi New York dan Chicago pekan ini, bertemu para pebisnis dan menjelaskan strategi globalnya. "Kami ke sini tidak untuk bersaing," kata Ma, Selasa (9/6).
Alibaba masih konservatif untuk menyerbu pasar AS yang dikuasai Amazon.com Inc dan Ebay Inc. Tahun lalu, Alibaba meluncurkan portal AS berskala kecil 11Main.com untuk usaha kecil.
"Peluang dan strategi kami adalah membantu usaha kecil di AS untuk masuk China dan menjual produk-produk mereka ke warga China," kata Ma.
Pada tiga bulan pertama tahun ini, pendapatan Alibaba dari China tumbuh 39% menjadi US$ 2,2 miliar. Sedangkan pendapatan internasional tumbuh 27% menjadi US$ 264 juta atau hanya 9% dari pendapatan. Porsi ini mengecil ketimbang 11% kuartal pertama 2014.