kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

McKinsey: Begini kebiasaan baru konsumen yang perlu diantisipasi perusahaan


Minggu, 09 Agustus 2020 / 14:44 WIB
McKinsey: Begini kebiasaan baru konsumen yang perlu diantisipasi perusahaan
ILUSTRASI. Suasana di gerai penjualan pakaian di pusat perbelanjaan di Depok, Minggu (26/7). Riset McKinsey & Company memperlihatkan, pandemi corona (Covid-19) di sejumlah negara telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen pada beberapa aspek kehidupan, termasuk p


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. McKinsey & Company merilis publikasi berjudul How COVID-19 is Changing Behavior-Now and Forever pada 30 Juli 2020 lalu.

Dalam publikasi tersebut, para penulis yakni Sajal Kohli, Bjorn Timelin, Victor Fabius, dan Sofia Moulvad Veranen memaparkan, pandemi corona (Covid-19) di sejumlah negara telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen pada beberapa aspek kehidupan.

Baca Juga: Kasus baru corona di Singapura diyakini bakal segera turun signifikan, ini sebabnya

Di tengah perubahan tersebut, McKinsey menilai bahwa perusahaan perlu melakukan adaptasi dalam melakukan penjualan, pemasaran, dan lain-lain sesuai dengan perubahan perilaku yang ada pada konsumen.

Perubahan perilaku, misalnya, tecermin pada cara masyarakat berbelanja dan mengonsumsi barang. Di masa pandemi, konsumen cenderung lebih memilih berbelanja secara digital melalui platform e-commerce. Kalaupun belanja dilakukan secara luring atau offline, konsumen cenderung memilih berbelanja di toko yang memiliki lokasi berdekatan dengan rumah. 

Seiring perubahan tersebut, frekuensi berbelanja juga cenderung berkurang. Konsumen cenderung memilih untuk berbelanja dalam frekuensi yang lebih jarang, namun dengan porsi belanjaan yang lebih banyak dibandingkan biasanya (larger basket). 

Di saat yang bersamaan, konsumsi produk-produk yang biasa di konsumsi di jalan (on-the-go consumption) juga mengalami penurunan. Maklumlah, waktu yang dihabiskan oleh konsumen kini lebih banyak di rumah seiring maraknya sistem bekerja dan belajar dari rumah.

Bukan hanya itu, prioritas konsumen dalam memilih produk ikut berubah, sebab pengeluaran tidak wajib alias discretionary spending konsumen mengalami penurunan. Dalam hal pembelian produk, konsumen akan cenderung memilih produk-produk dengan merek atau brand yang lebih dipercaya.

Baca Juga: Gawat! Kesehatan gigi dan mulut menurun saat pandemi Virus Corona

Selanjutnya, perubahan terjadi pada cara konsumen mengonsumsi hiburan. Dibandingkan pergi ke bioskop, konsumen kini lebih suka mengonsumsi konten hiburan digital melalui platform streaming. Kecenderungan tersebut diikuti oleh peningkatan intensitas akses dari segi play time. 

Hal yang sama terjadi pada cara konsumen menyerap informasi. Kini, konsumsi informasi mengalami pergeseran ke arah media digital.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×