kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Meksiko meningkatkan pemeriksaan perbatasan dengan AS untuk mencegah virus corona


Sabtu, 04 Juli 2020 / 22:37 WIB
Meksiko meningkatkan pemeriksaan perbatasan dengan AS untuk mencegah virus corona
ILUSTRASI. Para pejabat Meksiko akan memasang pos-pos pemeriksaan kesehatan di sepanjang perbatasan AS akhir pekan ini.

Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Para pejabat Meksiko akan memasang pos-pos pemeriksaan kesehatan di berbagai titik masuk di sepanjang perbatasan utara akhir pekan ini. Para pejabat Meksiko dan Amerika Serikat (AS) khawatir akan terjadi lonjakan penyeberangan untuk liburan 4 Juli yang bisa menyebarkan virus corona.

Pekan lalu, konsulat Meksiko di seluruh AS mengeluarkan peringatan di media sosial tentang peningkatan pemeriksaan ini pada periode 2 Juli hingga 5 Juli. Para pejabat mendesak orang-orang untuk menahan diri dari menyeberang untuk rekreasi atau pariwisata.

Larangan terhadap perjalanan lintas negara tetangga ini telah diberlakukan sejak Maret dalam upaya kedua pemerintah untuk membatasi infeksi coronavirus. Namun perbatasan kedua negara ini kembali ramai.

Baca Juga: Ini daftar terbaru Upper Middle Income Country, Indonesia bareng siapa?

Wilayah perbatasan utara Meksiko adalah rumah bagi populasi besar warga AS, pemegang kartu hijau dan kewarganegaraan ganda yang biasanya bebas untuk bolak-balik.

Di Sonora yang memiliki tingkat infeksi virus corona per kapita tertinggi ketiga di Meksiko dan berada di seberang Arizona, Gubernur Claudia Pavlovich mengatakan pemeriksaan kesehatan akan menjangkau pantai dan kota-kota yang sering dikunjungi warga Meksiko dan wisatawan.

Duta Besar AS Christopher Landau minggu lalu mendesak orang untuk tetap tinggal di satu negara atau negara yang lain selama akhir pekan Hari Kemerdekaan AS ini. Dia mengatakan bahwa ada ratusan ribu orang menyeberang melalui darat per hari meskipun ada larangan perjalanan yang tidak penting.

"Jika warga AS terus melakukan perjalanan lintas batas, pembatasan akan meningkat, bukan berkurang," tulis Landau di Twitter.

Baca Juga: Meski tidak disukai warganya, presiden Meksiko tetap akan bertemu Trump



TERBARU

[X]
×