kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,21   -4,21   -0.42%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengapa Warren Buffett Cinta Berat Saham Apple? Ini 3 Alasannya


Minggu, 09 Juli 2023 / 06:45 WIB
Mengapa Warren Buffett Cinta Berat Saham Apple? Ini 3 Alasannya
ILUSTRASI.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

INVESTASI WARREN BUFFETT - Sedikit yang akan membantah bahwa Warren Buffett adalah salah satu investor terbesar sepanjang masa. Sejak 1965, perusahaan konglomeratnya, Berkshire Hathaway, telah menghasilkan tingkat pengembalian tahunan gabungan 20,1% versus pengembalian 10,3% untuk S&P 500. 

Warren Buffett mengatakan Anda tidak perlu memahami formula investasi rahasia dan teori portofolio modern untuk berhasil membeli saham. Faktanya, dia mengatakan Anda mungkin lebih baik tidak mengetahui semua itu.

"Tujuan Anda sebagai seorang investor, seharusnya membeli dengan harga yang rasional, sebagian saham dalam bisnis yang mudah dipahami yang penghasilannya pasti akan lebih tinggi secara material 5, 10, dan 20 tahun dari sekarang," tulis Buffett dalam salah satu surat pemegang saham tahunannya bertahun-tahun yang lalu

Sederhananya, beli perusahaan bagus dengan harga wajar dan pertahankan selama beberapa dekade. Filosofi itu membantu menjelaskan mengapa Buffett sangat mencintai saham Apple.

Pujian Buffett untuk Apple

Melansir Yahoonews.com, kita tidak perlu melihat jauh untuk melihat bahwa Oracle of Omaha adalah penggemar berat perusahaan pembuat iPhone tersebut.

Menurut pengajuan Form 13F Berkshire terbaru dengan Securities and Exchange Commission (SEC), perusahaan Buffett memiliki 915.560.382 saham Apple pada 31 Maret. Dengan posisi senilai US$ 150,98 miliar pada saat itu, Apple sejauh ini merupakan holding terbesar yang diperdagangkan secara publik di Berkshire.

Buffett telah memberikan banyak pujian kepada perusahaan tersebut.

“Kriteria kami untuk Apple berbeda dari bisnis lain yang kami miliki,” katanya pada rapat pemegang saham tahunan Berkshire tahun 2023. “Kebetulan ini adalah bisnis yang lebih baik daripada yang kami miliki.”

Baca Juga: Warren Buffett Punya Aturan Nomor Wahid yang Selalu Dijalankannya, Apa Itu?

Berkshire pertama kali mengungkapkan sahamnya di Apple pada Mei 2016 — posisi hanya US$ 1 miliar pada saat itu. Buffett telah mengumpulkan lebih banyak saham sejak saat itu, dan investasi tersebut telah membantunya dengan baik di mana dalam lima tahun terakhir, saham Apple telah melonjak 273%.




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×