kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Tambah Kepemilikan Saham di Bank of America


Selasa, 16 Mei 2023 / 15:47 WIB
Warren Buffett Tambah Kepemilikan Saham di Bank of America


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Konglomerat pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett, kembali mengurangi kepemilikan saham di dua bank pada kuartal pertama 2023, sembari meningkatkan saham di Bank of America (BAC) dan membeli saham baru di Capital One (COF).

Melansir Yahoo! Finance, Selasa (16/5), Buffet dikabarkan menjual US$ 1,4 miliar dari kepemilikan sahamnya yang tersisa di Bank of New York Mellon (BK) dan pemberi pinjaman regional Minneapolis US Bancorp (USB).

Buffett menegaskan pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire pada awal bulan ini, dirinya masih berhati-hati dalam memegang banyak saham bank. Satu pengecualian yang dia sebutkan adalah Bank of America yang tetap menjadi salah satu kepemilikan terbesar Berkshire.

Menurut laporan keuangan, pada kuartal pertama 2023, Berkshire meningkatkan kepemilikan Bank of America sebesar 2% meski nilai total posisinya di saham tersebut turun US$ 4 miliar sepanjang kuartal tersebut.

"Saya menyukai Bank of America dan manajemennya," ujar Buffett dalam pertemuan pemegang saham di Omaha, Nebraska.

Baca Juga: Ramalan Suram Warren Buffett Soal Kondisi Bank-Bank di Amerika, Apa Katanya?

Buffett diketahui memiliki sejarah panjang dengan Bank of America. Dia menyuntikkan dana sebesar US$ 5 miliar ke Bank of America pada 2011. Pada saat itu, Brian Moynihan masih menjadi kepala eksekutif yang relatif baru dan saham pemberi pinjaman berada di bawah tekanan berat karena kerugian dari pinjaman subprime.

Buffett memang berinvestasi lebih dalam pada beberapa saham keuangan lainnya pada kuartal kali ini. Berkshire menambahkan US$ 954 juta saham di Capital One (COF) dan meningkatkan kepemilikan di Ally Financial sebesar US$ 10,6 juta.

Dia juga menjual US$ 1,1 juta saham Jefferies Financial Group (JEF) dan tidak menyentuh kepemilikannya di Citigroup.

Berkshire Hathaway bukan satu-satunya perusahaan investasi terkenal yang menjual saham bank pada kuartal terakhir. Bridgewater Associates yang merupakan hedge fund terbesar di dunia menjual sekitar US$ 180 juta saham bank.

Penjualan itu termasuk lebih dari 80% kepemilikannya di Bank of New York Mellon dan US Bancorp. Bridgewater juga melepas posisi di 15 pemberi pinjaman AS lainnya, termasuk Bank of America (BAC), Western Alliance, Zions (ZION), PacWest (PACW), dan New York Community Bank (NYCB).

Baca Juga: 3 Pendapat Warren Buffett Tentang Emas, Positif atau Negatif?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×