kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Menkes AS sampaikan dukungan kuat ke Taiwan dalam lawatannya ke Taipei


Senin, 10 Agustus 2020 / 11:28 WIB
Menkes AS sampaikan dukungan kuat ke Taiwan dalam lawatannya ke Taipei
Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), Alex Azar, mengenakan masker saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di kantor kepresidenan, di Taipei, Taiwan 10 Agustus 2020. Kantor Berita Pusat / Kolam via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar menawarkan dukungan kuat dari Presiden AS Donald Trump kepada Taiwan. Dukungan itu disampaikan pada hari Senin (10/8), saat Azar bertemua Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam kunjungannya ke Pulau Demokrasi tersebut, sebagai respons atas upaya Taiwan mengelola virus corona dengan baik.

Mengutip Reuters, Azar tiba di Taiwan pada hari Minggu sebagai pejabat tingkat tertinggi AS yang berkunjung dalam empat dekade. Perjalanan Azar tersebut dikutuk oleh China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, yang kian menegangkan hubungan kedua negara.  China telah mengancam melakukan pembalasan atas perjalanan Azar tersebut.

Baca Juga: Berpotensi diserang Pembom AS, begini persiapan pertahanan udara China

Washington memutuskan hubungan resmi dengan Taipei pada 1979 untuk mendukung Beijing. Pemerintahan Trump telah memprioritaskan penguatan dukungannya terhadap pulau demokrasi tersebut, dan meningkatkan penjualan senjata.

“Merupakan kehormatan sejati berada di sini untuk menyampaikan pesan dukungan dan persahabatan yang kuat dari Presiden Trump ke Taiwan,” kata Azar kepada Tsai di Kantor Kepresidenan, berdiri di depan dua bendera Taiwan.

Azar berkunjung untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan kesehatan masyarakat dengan Taiwan dan mendukung peran internasional Taiwan dalam memerangi pandemi.

“Tanggapan Taiwan terhadap COVID-19 telah menjadi salah satu yang paling sukses di dunia, dan itu merupakan penghargaan untuk sifat terbuka, transparan, demokratis dari masyarakat dan budaya Taiwan,” katanya kepada Tsai.

Baca Juga: Jika AS menyerang China di Laut China Selatan, siapa yang unggul?

Langkah awal dan efektif Taiwan untuk memerangi penyakit tersebut telah membuat jumlah kasusnya jauh lebih rendah daripada tetangganya, dengan 480 infeksi, termasuk tujuh kematian. Sebagian besar kasus telah diimpor.




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×