kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Menteri Keuangan AS Janet Yellen: Mungkin Saya Sudah Selesai


Minggu, 08 September 2024 / 05:05 WIB
Menteri Keuangan AS Janet Yellen: Mungkin Saya Sudah Selesai
ILUSTRASI. Menteri Keuangan AS Janet Yellen: Mungkin Saya Sudah Selesai. REUTERS/Kevin Lamarque 


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia mungkin selesai melayani di tingkat pemerintahan tertinggi setelah Presiden Joe Biden selesai masa jabatannya pada Januari tahun depan. Namun, dia mengatakan bahwa dia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Departemen Keuangan dalam beberapa bulan mendatang.

Yellen, yang berusia 78 tahun, belum pernah begitu jelas mengenai rencana masa depannya sejak kampanye presiden antara Wakil Presiden Kamala Harris dan mantan Presiden Donald Trump semakin memanas. Yellen telah menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Keuangan, Ketua Federal Reserve, dan Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, PM Thailand Paetongtarn Janji Berikan Stimulus Segera

Pada acara Texas Tribune Festival di Austin, Texas, Yellen mengatakan bahwa dia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam beberapa bulan mendatang, termasuk pertemuan lain dengan pejabat China, Wakil Perdana Menteri He Lifeng, untuk mencoba mengelola hubungan yang seringkali tegang.

Keduanya bertemu pada April di Beijing, di mana Yellen memperingatkan China untuk mengendalikan kapasitas industri berlebih sebelum Biden mengambil keputusan mengenakan kenaikan tarif yang signifikan pada kendaraan listrik, baterai, produk surya, dan semikonduktor buatan China.

Baca Juga: Lagi, Warren Buffett Jual Saham Bank of America. Total Mendekati US$7 Miliar

Yellen mengatakan bahwa dia akan menyambut kunjungan balasan ke ke AS, tetapi juga mungkin kembali ke China: "Saya yakin bahwa kita akan memiliki, dengan cara apa pun, kunjungan."

Diplomat ekonomi senior Departemen Keuangan, Wakil Menteri Jay Shambaugh, akan memimpin delegasi ke Beijing "segera" untuk membahas isu-isu ekonomi. Shambaugh memimpin kelompok kerja ekonomi AS-China yang telah menjadikan penanganan kapasitas industri berlebih China sebagai salah satu isu utama.

Yellen mengatakan bahwa hubungan AS-China "memerlukan perhatian dan perawatan" oleh rezim pemerintahan AS berikutnya, dengan diskusi pada tingkat tertinggi dan di antara staf.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Anjlok 2%, Terseret Data Pekerjaan AS

"Kami memiliki cukup perbedaan dan tanpa kesempatan untuk membahasnya dan memasukkannya dalam konteks, sangat mungkin bahwa ketegangan akan meningkat," kata Yellen. "Jadi, ini adalah sesuatu yang benar-benar memerlukan perhatian yang berkelanjutan. Saya berharap bahwa itu akan mendapat perhatian."

Yellen juga mengatakan bahwa ekonomi AS telah mencapai soft landing dengan inflasi yang lebih rendah setelah data pekerjaan Agustus pada hari Jumat menunjukkan penurunan kecil dalam tingkat pengangguran meskipun pembuatan lapangan kerja yang lebih lambat.

Baca Juga: Peringatan China kepada Pelajar: Waspada Terhadap Pria Tampan dan Wanita Cantik!

"Ketika Anda melihat laju pembuatan lapangan kerja yang menurun seiring waktu, kita harus berhati-hati untuk memastikan bahwa itu tidak akan melemah lebih lanjut," kata Yellen.

Dia mengatakan bahwa pengeluaran konsumen cukup solid dan meskipun tidak ada perekrutan gila-gilaan, tidak ada PHK yang signifikan.

"Saya waspada terhadap risiko downside pada sisi pekerjaan, tapi saya pikir apa yang kita lihat, kita akan terus lihat, adalah ekonomi yang baik dan solid," kata Yellen.

Selanjutnya: Daftar Gift Code Ojol The Game 8 September 2024 Terupdate Bulan Ini

Menarik Dibaca: Daftar Gift Code Ojol The Game 8 September 2024 Terupdate Bulan Ini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×