kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,83   -28,90   -3.12%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merasa menang lawan corona, China juga mengklaim sebagai sumber stabilitas di dunia


Kamis, 12 Maret 2020 / 15:48 WIB
Merasa menang lawan corona, China juga mengklaim sebagai sumber stabilitas di dunia
ILUSTRASI. Kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Kota Wuhan. China saat ini mengklaim sebagai sumber stabilitas politik dan ekonomi di dunia yang semakin dilanda badai wabah virus corona. Xie Huanchi/Xinhua via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. China saat ini mengklaim sebagai sumber stabilitas politik dan ekonomi di dunia yang semakin dilanda badai wabah virus corona yang menyebar dengan cepat di Amerika Serikat dan Eropa.

Jatuhnya indeks saham di berbagai negara dan harga minyak, membalikkan narasi beberapa minggu yang lalu yang melihat China sebagai pesakitan.

Baca Juga: Kasus corona hanya satu digit, China kurangi pembatasan perjalanan di Hubei

Didukung oleh perjalanan simbolis Presiden Xi Jinping ke kota Wuhan, Shanghai Composite Index naik 1,8% dan Indeks Hang Seng Hong Kong 1,4% pada hari Selasa. Hal ini berbeda dengan kejatuhan bebas harga saham secara global pada hari Senin.

Pada hari Selasa, saham perusahaan yang berbasis di Wuhan, termasuk Hubei Chutian Expressway dan Yangtze Communications Industry, melonjak batas harian setinggi 10%.

Dilansir dari South China Morning Post, perjalanan Xi diikuti hanya beberapa jam setelah pasar saham global menderita kerugian satu hari terburuk sejak krisis keuangan global pada 2008 dan penurunan tajam harga minyak.

Tak cukup sampai di situ, pemimpin China berusaha mengirim sinyal kepercayaan yang jelas kepada dunia dalam pertempuran melawan wabah virus corona.

Baca Juga: Corona menyebar ke negara lain, pengusaha China banting setir jadi produsen masker

"China memang menjadi pahlawan untuk saat ini setelah kekacauan di Amerika Serikat," tulis Hao Hong, kepala penelitian untuk Bocom International, bank investasi pemberi pinjaman terbesar kelima di China yang berbasis di Hong Kong.

Hong menambahkan bahwa pasar saham China telah menjadi 'sumber cahaya dalam kegelapan' karena tindakan karantina negara itu, termasuk membatasi pergerakan ratusan juta orang untuk mengendalikan penyebaran virus telah cukup berhasil. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×