kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merger CaixaBank dan Bankia bakal ciptakan bank terbesar di Spanyol


Minggu, 20 September 2020 / 17:55 WIB
Merger CaixaBank dan Bankia bakal ciptakan bank terbesar di Spanyol
ILUSTRASI. Logo CaixaBank. Merger CaixaBank dan Bankia bakal ciptakan bank terbesar di Spanyol. REUTERS/Albert Gea/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 24 APR FOR ALL IMAGES


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - MADRID. CaxiaBank SA sepakat untuk membeli Bankia SA untuk membentuk perusahaan perbankan terbesar di Spanyol seiring dengan banyaknya aksi akuisisi dan merger untuk menghadapi profitabilitas yang tengah melesu serta persaingan yang semakin mengetat. 

Lewat kesepakatan itu, valuasi Bankia antara lain mencapai 3,8 miliar euro atau sekitar US$ 4,5 miliar dan bank hasil merger ini diperkirakan akan menghemat biaya operasional sekaligus mendorong peningkatan pendapatan sekitar 1,1 miliar euro, menurut CaxiaBank seperti dikutip Bloomberg, Jumat (18/9). 

Investor Bankir akan mendapatkan premi sekitar 20% dari harga penutupan bank pada 3 September 2020, yang terakhir sebelum kesepakatan dilaporkan. Adapun, aksi korporasi perbankan terbesar di Spanyol selama dua dekade terakhir ini memberikan indikasi bahwa perusahaan keuangan Eropa tengah menghangatkan gagasan untuk melangsungkan akuisisi dan merger dengan pesaing. 

Baca Juga: Wah, AirAsia lakukan diversifikasi bisnis ke label rekaman

Intesa Sanpaolo SA dari Italia juga sebelumnya telah lebih dulu mengambil alih saingan domestiknya Unione di Banche Italiane SpA untuk memperkuat perusahaan. Selain itu, ada juga Banco de Sabadell SA dari Spannyol yang dikabarkan sedang menjajaki opsi strategis termasuk penjualan atau merger bahkan membeli bank pesaing yang lebih kecil. 

Adapun, Presiden Direktur Bankia Jose Ignacio Goirigolzarri akan menjadi Direktur Utama dalam bank hasil merger. Sementara Presiden Direktur CaixaBank Gonzalo akan tetap ada di bagian manajemen sebagai komisaris untuk mengawasi 15 anggota Dewan Direksi menurut keterangan resmi perusahaan. 

Akuisisi ini diharapkan dapat disetujui oleh pemegang saham kedua bank tersebut pada November 2020, dengan proses merger diproyeksi rampung pada kuartal I 2021 mendatang. Lewat aksi korporasi ini saham CaixaBank turun sebanyak 4% di bursa Madrid dan Bankia turun 5,4% pada akhir pekan lalu. 

"Hal ini akan memberi banyak tekanan pada bank-bank selevelnya," menurut Ricardo Wehrhahn, CEO di Intral Strategy Execution. Dia juga menambahkan, perusahaan hasil merger ini bisa jadi akan menjadi yang terbesar alias juara perbankan di Spanyol.

Baca Juga: Angka putus sekolah perempuan di Asia melonjak, ini alasannya

Lewat aksi korporasi ini nantinya investor Bankia akan menerima 0,68 saham CaixaBank untuk setiap saham yang mereka miliki di Bankia. Sementara Pemerintah Spanyol yang memiliki sekitar 62% saham dari Bankia setelah bailout pada tahun 2012 lalu diperkirakan akan memiliki sekitar 16% saham di perusahaan gabungan tersebut. Sementara dalam aksi merger kali ini, nantinya Caixa Foundation yang bakal menjadi perusahaan induk, lantaran diproyeksi akan punya saham di atas 30%.

Bank-bank di Spanyol saat ini memang hanya bisa fokus pada segmen ritel sebagai cara untuk merampingkan bisnis mereka, lantaran suku bunga rendah yang terjadi selama bertahun-tahun. Apalagi saat ini ditambah krisis Covid-19 yang pastinya mengikis profitabilitas perusahaan. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×