kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.919   11,00   0,07%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Meta Dalam Pembicaraan Serius Akuisisi 5% Saham Perusahaan Kacamata Pintar Ray-Ban


Kamis, 18 Juli 2024 / 22:00 WIB
Meta Dalam Pembicaraan Serius Akuisisi 5% Saham Perusahaan Kacamata Pintar Ray-Ban
CEO Meta Mark Zuckerberg menyampaikan pidato, saat sepasang kacamata pintar Ray-Ban muncul di layar, pada acara Meta Connect di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, AS, 27 September 2023. REUTERS/Carlos Barria


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meta Platforms sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi sekitar 5% saham di EssilorLuxottica, mitra produksinya untuk kacamata pintar Ray-Ban. Wall Street Journal melaporkan hal ini pada hari Kamis, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Berdasarkan perhitungan Reuters dengan data LSEG, saham perusahaan kacamata terbesar di dunia ini bisa bernilai 4,33 miliar euro (US$ 4,73 miliar) dari nilai pasar terbarunya sebesar 86,50 miliar euro.

Potensi kesepakatan ini bisa memberi Meta kendali lebih lanjut atas pengembangan kacamata pintar, saat perusahaan teknologi besar seperti Apple juga berinvestasi besar dalam teknologi augmented dan mixed-reality. 

Baca Juga: Mark Zuckerberg Diam-Diam Kumpulkan Portofolio Real Estat Mewah di Seluruh AS

Saham EssilorLuxottica yang terdaftar di Paris naik 6% setelah laporan tersebut, sementara saham Meta meningkat 2,3% tepat setelah bel pembukaan.

EssilorLuxottica dibentuk pada tahun 2018 melalui penggabungan Essilor dari Prancis dan Luxottica dari Italia. Delfin, perusahaan induk yang dimiliki oleh keluarga mendiang pendiri Luxottica, Leonardo Del Vecchio, adalah pemegang saham terbesar dengan kepemilikan hampir 33%.

Ray-Ban Meta pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 dan telah menjadi bagian penting dari portofolio produk konsumen Meta. 

CEO EssilorLuxottica, Francesco Milleri, mengatakan bahwa generasi baru kacamata pintar Ray-Ban Meta yang diluncurkan Oktober lalu telah terjual lebih banyak dalam beberapa bulan dibandingkan model sebelumnya dalam dua tahun.

Analis menilai kacamata generasi terbaru ini secara positif, yang dilengkapi dengan asisten Meta AI dan mampu menyiarkan langsung pandangan pengguna ke Facebook dan Instagram. 

Baca Juga: Apple Akan Segera Integrasikan AI dengan Beberapa Platform

Analis Bernstein menyatakan bahwa Kacamata Cerdas Ray-Ban Meta mungkin hanya tinggal satu atau dua generasi lagi untuk menemukan produk yang sesuai dengan pasar.

Kacamata Ray-Ban Meta generasi ketiga diharapkan siap pada musim belanja liburan tahun 2025, menurut laporan WSJ. EssilorLuxottica dan Meta tidak memberikan komentar ketika dihubungi oleh Reuters.



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×