Meteor raksasa melintasi Norwegia, diiringi suara gemuruh dan gelombang kejut

Senin, 26 Juli 2021 | 18:52 WIB Sumber: Reuters
Meteor raksasa melintasi Norwegia, diiringi suara gemuruh dan gelombang kejut

ILUSTRASI. Sebuah meteor menerangi langit di atas Holmestrand, Norwegia 25 Juli 2021.


KONTAN.CO.ID - OSLO. Sebuah meteor dengan ukuran luar biasa besar melintasi langit Norwegia pada Minggu (25/7) dini hari. Selain menimbulkan suara gemuruh, meteor itu juga membuat langit menjadi terang.

Dilansir dari Reuters, meteor mulai nampak sekitar pukul 1 dini hari dan terlihat sangat jelas wilayah Utara Trondheim.

Kamera web di Holmestrand, Selatan Oslo, berhasil menangkap citra bola api yang jatuh dari langit dan meledak menjadi kilatan-kilatan cahaya yang menerangi kawasan pelabuhan kota tersebut.

Jaringan Meteor Norwegia saat ini sedang menganalisis semua rekaman video dan data yang tersedia untuk menentukan asal dan tujuan meteor tersebut.

Baca Juga: Bisnis Wisata Ruang Angkasa Taipan Dunia Memanas

Laporan sementara menyebutkan, serpihan meteorit mungkin telah menabrak Bumi di kawasan hutan besar Finnemarka, yang hanya berjarak 60 km dari ibukota Oslo.

Namun, sampai Minggu sore tidak ditemukan puing-puing meteorit di lokasi yang diperkirakan. Morten Bilet dari Jaringan Meteor Norwegia mengatakan, mungkin butuh hingga 10 tahun untuk menemukannya.

"Meteor itu melaju dengan kecepatan 15-20 km per detik dan menerangi langit malam selama sekitar lima hingga enam detik," ungkap Bilet, seperti dikutip Reuters.

Diiringi embusan angin besar dan gelombang kejut

Langit Norwegia yang menjadi lebih gelap selama musim panas membuat cahaya meteor menjadi lebih mudah terlihat di malam hari.

Baca Juga: Dengan 23 roket, China mengaku sanggup mencegah asteroid raksasa jatuh ke Bumi

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru