kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Miliarder Penjelajah Ruang Angkasa Beserta Krunya Kembali ke Bumi


Senin, 16 September 2024 / 17:38 WIB
Miliarder Penjelajah Ruang Angkasa Beserta Krunya Kembali ke Bumi
ILUSTRASI. Seorang miliarder penjelajah ruang angkasa beserta krunya kembali ke Bumi


Sumber: Fortune | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada hari Minggu, seorang miliarder penjelajah ruang angkasa beserta krunya kembali ke Bumi setelah menyelesaikan perjalanan lima hari yang mengantarkan mereka lebih tinggi dari siapa pun sejak para astronaut NASA melakukan perjalanan ke bulan.

Kapsul SpaceX mendarat di Teluk Meksiko, dekat Dry Tortugas di Florida, dalam kegelapan sebelum fajar, mengangkut pengusaha teknologi Jared Isaacman, dua insinyur SpaceX, dan seorang mantan pilot Air Force Thunderbird.

Pencapaian Baru dalam Eksplorasi Ruang Angkasa

Kapsul Dragon dari SpaceX berhasil melakukan ruang angkasa pribadi pertama saat berada pada ketinggian hampir 460 mil (740 kilometer) di atas Bumi, lebih tinggi dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan Teleskop Hubble. Pesawat ruang angkasa tersebut mencapai ketinggian puncak 875 mil (1.408 kilometer) setelah peluncurannya pada hari Selasa.

Jared Isaacman menjadi orang ke-264 yang melakukan ruang angkasa sejak Uni Soviet melakukan yang pertama kali pada tahun 1965, dan Sarah Gillis dari SpaceX menjadi yang ke-265. Hingga saat ini, semua ruang angkasa dilakukan oleh astronaut profesional.

Baca Juga: Penerbangan Luar Angkasa Komersial Pertama Sukses Dilakukan

“Misimu selesai,” ujar Isaacman melalui radio saat kapsulnya bergetar di air, menunggu tim pemulihan. Dalam waktu kurang dari satu jam, keempat anggota kru telah keluar dari pesawat ruang angkasa mereka, memompa tinju mereka dengan sukacita saat mereka muncul di dek kapal.

Ini merupakan pertama kalinya SpaceX menargetkan pendaratan dekat Dry Tortugas, sekelompok pulau yang terletak 70 mil (113 kilometer) barat Key West.

Untuk merayakan lokasi baru ini, karyawan SpaceX membawa balon kura-kura hijau besar ke Kontrol Misi di markas perusahaan di Hawthorne, California. Perusahaan biasanya menargetkan lokasi yang lebih dekat dengan pantai Florida, tetapi dua minggu prakiraan cuaca buruk mendorong SpaceX untuk mencari lokasi alternatif.

Ruang Angkasa Komersial Pertama: Uji Coba Teknologi

Selama ruang angkasa komersial pada hari Kamis, hatch kapsul Dragon hanya dibuka selama kurang dari setengah jam. Isaacman muncul hanya sampai pinggangnya untuk menguji pelindung ruang angkasa baru dari SpaceX, diikuti oleh Gillis, yang muncul sampai lututnya saat ia melenturkan lengan dan kakinya selama beberapa menit.

Gillis, seorang violinist terlatih klasik, juga mengadakan pertunjukan di orbit lebih awal dalam minggu tersebut.

Ruang angkasa berlangsung kurang dari dua jam, jauh lebih singkat dibandingkan dengan yang dilakukan di Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Baca Juga: SpaceX Meluncurkan 4 Orang, Termasuk Seorang Miliarder dalam Penerbangan Luar Angkasa

Sebagian besar waktu digunakan untuk menurunkan tekanan kapsul secara keseluruhan dan kemudian mengembalikan udara kabin. Bahkan Anna Menon dan Scott “Kidd” Poteet dari SpaceX, yang tetap terikat, mengenakan pelindung ruang angkasa.

SpaceX menganggap latihan singkat ini sebagai titik awal untuk menguji teknologi pelindung ruang angkasa untuk misi yang lebih panjang ke Mars di masa depan.

Rencana Masa Depan dan Pengalaman Isaacman

Ini merupakan penerbangan charternya yang kedua dengan SpaceX, dengan dua penerbangan lagi yang masih akan datang dalam program eksplorasi ruang angkasanya yang disebut Polaris, dinamai dari Bintang Utara.

Isaacman membayar jumlah yang tidak diungkapkan untuk penerbangan ruang angkasa pertamanya pada tahun 2021, membawa pemenang kontes dan seorang penyintas kanker anak sambil mengumpulkan lebih dari US$250 juta untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Baca Juga: Rocket Lab Siap Lawan Dominasi Industri Luar Angkasa SpaceX Milik Elon Musk

Untuk misi Polaris Dawn yang baru saja selesai, pendiri dan CEO perusahaan pemrosesan kartu kredit Shift4 ini berbagi biaya dengan SpaceX. Isaacman tidak akan mengungkapkan berapa banyak yang telah dia habiskan.

Selanjutnya: Harga Minyak Stabil Menjelang Keputusan Suku Bunga The Fed

Menarik Dibaca: 6 Posisi Tidur Terbaik hingga Terburuk untuk Ibu Hamil yang Direkomendasikan Ahli




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×