kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,18   6,45   0.73%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moskow Cairkan Aset Beku Senilai US$ 9 Juta ke Korea Utara, Ini Imbalannya


Kamis, 08 Februari 2024 / 06:55 WIB
Moskow Cairkan Aset Beku Senilai US$ 9 Juta ke Korea Utara, Ini Imbalannya
ILUSTRASI. Rusia telah mencairkan aset-aset Korea Utara yang dibekukan senilai US$ 9 juta. Mikhail Metzel/Kantor Pers dan Informasi Kepresidenan Rusia/TASS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Rusia telah mencairkan aset-aset Korea Utara yang dibekukan senilai US$ 9 juta setelah negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut memberikan senjata kepada Moskow untuk berperang melawan Ukraina.

Melansir Moscow Times yang mengutip New York Times, berita tersebut mengutip pejabat intelijen Barat yang tidak mau disebutkan namanya.

Pyongyang berada di bawah serangkaian sanksi PBB dan AS atas larangan uji coba senjata nuklir. Menurut para ahli dan pejabat AS yang tidak disebutkan namanya kepada surat kabar tersebut, kesepakatan dengan Rusia itu tampaknya memenuhi salah satu persyaratan Korea Utara untuk memasok rudal dan amunisi kepada Rusia.

NYT tidak mengidentifikasi bank Rusia yang dikatakan telah menyetujui pencairan dana senilai US$ 9 juta dari US$ 30 juta aset Korea Utara yang dibekukan.

Akan tetapi, sumber intelijen mengatakan pengaturan tersebut terjadi beberapa saat setelah Korea Utara mengirim senjata.

Washington mengatakan pada bulan Januari bahwa Rusia telah menembakkan setidaknya satu rudal ke Ukraina pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: Semakin Banyak Warga Korea Utara yang Meragukan Kim Jong Un

Mengutip Fox News, Amerika Serikat dan Korea Selatan secara resmi menuding Korea Utara menyediakan persenjataan kepada Rusia, termasuk artileri dan rudal, untuk membantu mengisi kembali pasokan mereka yang terkuras akibat perang di Ukraina. Sebagai imbalannya, Korea Utara diduga menerima wawasan teknologi dan militer.

Kelompok investigasi Conflict Armament Research yang berbasis di Inggris mengklaim bulan lalu bahwa rudal Rusia yang ditembakkan ke Ukraina ditandai dengan karakter Korea.

Conflict Armament Research (CAR) mendokumentasikan temuan mereka dalam sebuah laporan, mengatakan bahwa sepotong puing proyektil balistik ditandai dalam bahasa asing.

“Pada barometer yang didokumentasikan di Ukraina pada 11 Januari 2024, sebagai bagian dari puing-puing rudal, penyelidik CAR mengamati label dengan karakter tulisan tangan Korea (Hangul) ‘ㅈ’,” klaim laporan tersebut.

Baca Juga: Aksi Kedua dalam Sepekan, Korea Utara Tembakkan Rudal Jelajah di Lepas Pantai Timur

Moscow Times melaporkan, para pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada NYT bahwa Pyongyang bermaksud menggunakan uang yang dicairkan untuk membeli minyak mentah.

Pada saat yang sama, sebuah perusahaan top Korea Utara dilaporkan membuka rekening di bank Rusia baru-baru ini yang berbeda di wilayah Ossetia Selatan yang memisahkan diri dari Georgia, yang hanya diakui oleh Moskow dan segelintir sekutunya sebagai negara merdeka. Baik perusahaan maupun bank tidak diidentifikasi.

Tidak jelas apakah Moskow telah memenuhi keinginan Pyongyang lainnya untuk mendapatkan teknologi satelit canggih dan kapal selam bertenaga nuklir sebagai imbalan atas senjata tersebut.

Rusia mungkin lebih memilih transaksi keuangan daripada memasok keahlian militer dan teknologi nuklir kepada Korea Utara untuk mematuhi sanksi PBB, kata para ahli kepada NYT.

“[Moskow] selalu bisa berkata, 'Oh, baiklah, ini adalah bank swasta dan penyelidik kami akan memeriksanya,' dan bank ini tidak akan melakukan tindakan lebih jauh lagi,” kata James D.J. Brown, profesor ilmu politik di kampus Temple University di Tokyo, mengatakan kepada surat kabar tersebut.

Para pejabat AS menolak memberikan konfirmasi secara spesifik mengenai pengaturan perbankan Rusia-Korea Utara.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×