kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.410.000   -5.000   -0,35%
  • USD/IDR 15.569
  • IDX 7.525   -30,09   -0,40%
  • KOMPAS100 1.159   -3,89   -0,33%
  • LQ45 939   -3,25   -0,35%
  • ISSI 221   -0,43   -0,20%
  • IDX30 476   -2,26   -0,47%
  • IDXHIDIV20 573   -2,58   -0,45%
  • IDX80 131   -0,52   -0,39%
  • IDXV30 135   -0,69   -0,51%
  • IDXQ30 159   -0,62   -0,39%

Nama PM India Modi Terseret dalam Pernikahan Super Mewah Keluarga Konglomerat Ambani


Sabtu, 13 Juli 2024 / 22:15 WIB
Nama PM India Modi Terseret dalam Pernikahan Super Mewah Keluarga Konglomerat Ambani
ILUSTRASI. Mukesh Ambani,?orang terkaya di India dan Asia.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MUMBAI.Pernikahan putra bungsu dari keluarga super kaya di India, keluarga Mukesh Ambani, yang dikenal dengan perayaan mewah dan daftar tamu VIP, kini menjadi sorotan politik dengan munculnya poster Perdana Menteri Narendra Modi di jalan menuju lokasi acara.

Selama empat hari, Anant Ambani (29), putra bungsu dari orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani, akan menikahi kekasih lamanya, Radhika Merchant (29), pada hari Jumat, diikuti dengan tiga hari resepsi.

"Selamat datang dengan penuh hormat kepada Perdana Menteri India yang tercinta dan dihormati, Narendra Modi, di Mumbai," demikian bunyi puluhan poster yang dipasang oleh para pekerja partai yang berkuasa di sepanjang jalan menuju Jio World Convention Centre milik Reliance Industries.

Baca Juga: Pernikahan Super Mewah Keluarga Ambani Jadi Ajang Politik dengan Poster PM Modi

Para tamu yang diharapkan hadir termasuk bintang reality TV Kim Kardashian, mantan juara tinju kelas berat Mike Tyson, serta mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan Boris Johnson. Namun, nama Modi tidak tercantum dalam daftar tamu yang dibagikan oleh penyelenggara.

Modi mengunjungi area Mumbai untuk meresmikan sebuah proyek dan mungkin akan singgah sebentar di pernikahan Ambani, kata Manoj Shinde, seorang pejabat polisi dari departemen lalu lintas di distrik Bandra Kurla Complex, tempat acara berlangsung.

Rumah Mukesh Ambani

Poster-poster tersebut tidak dipasang oleh partai Modi, tetapi mungkin dipasang oleh beberapa "pekerja partai yang antusias", kata Keshav Upadhye, juru bicara utama partai yang berkuasa.

Modi sering dikritik oleh para pemimpin oposisi India yang mengatakan dia terlalu dekat dengan taipan seperti Ambani, tuduhan yang dibantah oleh Modi dan pemerintahannya.

Baca Juga: PM India Modi Bakal Kunjungi Rusia untuk Kali Pertama Sejak Perang Ukraina, Ada Apa?

Pernikahan ini dianggap sebagai acara publik oleh pejabat setempat karena dihadiri oleh banyak selebriti internasional dan lokal, politisi, dan pemimpin bisnis.

Hal ini menyebabkan lalu lintas di area tersebut ditutup untuk umum selama sebagian besar hari selama empat hari, yang menimbulkan kemarahan warga Mumbai - sebuah kota yang sering mengalami kemacetan lalu lintas, terutama di musim hujan.

Estimasi biaya jutaan dolar yang dihabiskan oleh Ambani untuk perayaan yang berlangsung berbulan-bulan ini - yang melibatkan penampilan bintang pop Rihanna dan Justin Bieber pada acara pra-pernikahan, juga memicu perdebatan di negara dengan kesenjangan pendapatan yang terus meningkat.

Baca Juga: PM India Narendra Modi Akan Mengunjungi Rusia Minggu Depan

Meski beberapa pihak berpendapat bahwa acara ini meningkatkan ekonomi dan membantu menghasilkan bisnis bagi banyak warga, tokoh oposisi India Thomas Isaac menyebut jumlah pengeluaran tersebut sebagai "tidak pantas".

"Secara hukum mungkin itu uang mereka, tetapi pengeluaran yang berlebihan seperti ini adalah dosa terhadap ibu pertiwi dan orang miskin," katanya dalam sebuah postingan di X.




TERBARU
Kontan Academy
Sustainability Reporting with GRI Standards Practical Business and Social Responsibility berbasis ISO

[X]
×