kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

PM India Narendra Modi Akan Mengunjungi Rusia Minggu Depan


Kamis, 04 Juli 2024 / 22:26 WIB
PM India Narendra Modi Akan Mengunjungi Rusia Minggu Depan
ILUSTRASI. Perdana Menteri India Narendra Modi akan mengunjungi Rusia pada tanggal 8 dan 9 Juli 2024. REUTERS/Anushree Fadnavis


Sumber: Channelnewsasia.com,AFP | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MOSKWA. Perdana Menteri India Narendra Modi akan mengunjungi Rusia pada tanggal 8 dan 9 Juli, menurut pernyataan dari Kremlin pada hari Kamis. Ini akan menjadi kunjungan pertama Modi ke Rusia sejak Moskow melancarkan serangan militernya di Ukraina. 

Kampanye militer tersebut telah menguji hubungan antara Moskow dan New Delhi, meskipun India telah meningkatkan pembelian minyak Rusia dan tidak ikut serta dalam sanksi-sanksi Barat.

Kremlin menyatakan bahwa Modi dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan membahas prospek pengembangan lebih lanjut dari hubungan Rusia-India yang secara tradisional bersahabat, serta isu-isu yang relevan dalam agenda internasional dan regional. 

Baca Juga: Erdogan Tawarkan Bantuan untuk Akhiri Perang Rusia-Ukraina, Apa Tanggapan Kremlin?

Putin melihat Modi sebagai sekutu diplomatik dan ekonomi potensial, terutama karena Rusia terisolasi di Barat akibat konfliknya dengan Ukraina.

Dalam sebuah pertemuan pada bulan September 2022 di Uzbekistan, Putin mengakui bahwa Modi memiliki keprihatinan terhadap konflik tersebut dan ingin konflik berakhir sesegera mungkin.

Awal tahun ini, India mendesak Rusia untuk membebaskan beberapa warganya yang telah mendaftar untuk pekerjaan pendukung dengan tentara Rusia, setelah laporan-laporan bahwa beberapa dari mereka terdampar di kota-kota perbatasan Rusia dan dipaksa berperang di Ukraina. New Delhi menekankan agar warganya menjauh dari konflik ini.

India bukanlah pendukung setia Kyiv, terutama karena menolak untuk menandatangani pernyataan bersama dalam konferensi perdamaian di Swiss yang menyerukan agar integritas teritorial Ukraina dihormati dalam perjanjian perdamaian apa pun. 

Baca Juga: China dan Rusia Kolaborasi Bikin Drone Serang untuk Menyerang Ukraina

India juga telah menjadi pembeli utama minyak Rusia, yang menyediakan pasar ekspor yang sangat dibutuhkan oleh Rusia setelah terputus dari pasar-pasar tradisional di Barat.

Namun, ada laporan tentang masalah pembayaran dan para eksportir Rusia tidak dapat memulangkan pendapatan mereka karena kontrol modal India.

Modi, yang baru-baru ini terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah, terakhir kali mengunjungi Rusia pada bulan September 2019 untuk menghadiri pertemuan tahunan India-Rusia di Vladivostok.

Selanjutnya: Bangku Kosong di Copa America Jadi Sorotan, Picu Kekhawatiran Bagi AS

Menarik Dibaca: Poco Luncurkan Tablet Pertamanya, Poco Pad




TERBARU

[X]
×