NASA Ajak Pantau Asteroid yang Berada di Dekat Bumi Lewat Situs Ini, Yuk Cek Sekarang

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:50 WIB   Penulis: Arif Budianto
NASA Ajak Pantau Asteroid yang Berada di Dekat Bumi Lewat Situs Ini, Yuk Cek Sekarang

ILUSTRASI. NASA Ajak Pantau Asteroid yang Berada di Dekat Bumi Lewat Situs Ini, Yuk Cek Sekarang

KONTAN.CO.ID - NASA ajak pantau asteroid yang berada di dekat Bumi lewat situs ini. Mau cobain? Yuk cek sekarang juga lewat link atau URL berikut ini: https://eyes.nasa.gov/apps/asteroids/#/asteroids.

Pemberitaan tentang kabar asteroid yang berada di dekat Bumi kerap kali muncul di internet. Agar informasinya semakin akurat, NASA mengajak pecinta astronomi untuk memantaunya langsung lewat situs yang dibuatnya.

Berbicara tentang asteroid, tidak jarang kita sulit untuk mengetahui kebenaran apakah sebuah asteroid yang berada di dekat Bumi berbahaya atau tidak. Kabar baiknya, para ahli telah memprediksi bahwa beberapa asteroid yang berada di dekat Bumi bukanlah ancaman.

Namun bila Anda masih merasa belum yakni, NASA juga telah membuat sebuah situs atau web interaktif yang memperlihatkan informasi mengenai asteroid yang berada di dekat Bumi.

Dikutip dari CNet, baru-baru ini terdengar kabar bahwa asteroid dengan lebar 1 Km akan mendekati Bumi tanggal 18 Juni 2022. Asteroid bernama 1994 PC1 ini akan mendekati Bumi dalam jarak terdekatnya yakni 1,2 juta mil (1,93 juta Km).

Jarak tersebut diketahui sama dengan jarak Bumi-Bulan lima kali lipat.

Baca Juga: Fase Bulan Purnama Terjadi 17-18 Januari 2022, Ini Waktu yang Tepat Untuk Melihatnya

Kendati demikian, NASA telah memastikan bahwa asteroid 1994 PC1 aman ketika terbang melewati planet Bumi. 

"Asteroid dekat Bumi 1994 PC1 sangat terkenal dan telah dipelajari selama beberapa dekade oleh para ahli pertahanan planet kita", cuit NSA dalam akun Twitter resminya (@AsteroidWatch). 

"Yaknilah, 1994 PC1 akan dengan aman terbang melewati planet kita." Tambahnya.

NASA juga mengajak pecinta astronomi untuk memantau pergerakan asteroid tersebut lewat situs atau web resmi buatan mereka. Dalam situs bernama Eyes on Asteroids, Anda dapat mengetahui deretan asteroid yang berada di dekat Bumi.

Baca Juga: Masih Dalam Kategori Aman, Sebuah Asteroid Ukuran 1 Km Mendekati Bumi Minggu Depan

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengetahui jalur asteroid ketika melewati Bumi, lengkap dengan gambar, ukuran, dan perkiraan waktu terdekatnya.

Situs NASA Eyes on Asteroids untuk melacak asteroid di dekat Bumi

Mau cobain? Berikut link atau URL situs NASA Eyes on Asteroids untuk memantau asteroid lewat webhttps://eyes.nasa.gov/apps/asteroids/#/asteroids

Anda dapat mengunjungi web atau situs tersebut lewat browser di laptop/PC atau smartphone. Dalam situs tersebut, Anda juga dapat melihat asteroid mana saja yang mendekati Bumi saat ini, atau mencari dan melihat asteroid lainnya di angkasa luar.

Editor: Arif Budianto

Terbaru