kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

NASA Temukan Planet Seukuran Jupiter, Bedanya Cuacanya Ekstrem Sangat Panas!


Jumat, 08 April 2022 / 10:45 WIB
NASA Temukan Planet Seukuran Jupiter, Bedanya Cuacanya Ekstrem Sangat Panas!
ILUSTRASI. NASA Temukan Planet Seukuran Jupiter, Bedanya Cuacanya Ekstrem Sangat Panas!


Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - NASA temukan planet seukuran Jupiter, bedanya cuacanya ekstrem sangat panas! Planet yang berada di luar tata surya ini bernama KELT-20b yang berhasil diamati teleskop luar angkasa NASA Hubble.

Kita telah mengenal beberapa planet yang berada di tata surya dengan karakteristiknya masing-masing. Tetapi, tahukah Anda ada berapa banyak planet yang berada di luar tata surya?

Apakah dari sekian banyak palnet di luar tata surya ini ada yang mirip dengan planet-planet yang kita kenal?

Mungkin bisa dibilang iya, baru-baru NASA mengamati exoplanet atau planet yang berada di luar tata surya yang besarnya seperti Jupiter.

Bedanya, planet luar surya ini memiliki cuaca yang ekstrem super panas!

Ilustrasi exoplanet KELT-20b

Baca Juga: Asteroid Sebesar Bus Ini Melewati Bumi dengan Jarak yang Sangat Dekat, Terpantau Aman

"Dunia seukuran Jupiter yang membengkak ini sangat dekat dengan bintang induknya sehingga mereka dipanggang pada suhu mendidih di atas 3.000 derajat Fahrenheit (sekitar 1649 Celcius)", ujar NASA seperti yang dikutip dari website resminya.

Suhu tersebut cukup panas untuk menguapkan sebagian besar logam, termasuk titanium. Planet tersebut kabarnya memiliki atmosfer terpanas yang pernah dilihat.

Melansir dari Cnet (08/04/2022), exoplanet WASP-178b dan KELT-29b meringkuk dekat dengan bintangnya sendiri, hal ini memicu beberapa cuaca ekstrem. Exoplanet WASP-178b terkunci di tempat dengan satu sisi selalu menghadap bintangnya dan memiliki atmosfer yang berputar dengan kecepatan super badai.

"Di sisi gelap, silikon monksida mungkin cukup dingin untuk mengembun menjadi batu yang menghujani awan, tetapi bahkan saat fajar dan senja, planet ini cukup panas untuk membuat batu menguap," tambah NASA.

Dalam penelitian ini, para astronom menggunakan data dari teleskop luar angkasa Hubble dan Spitzer NASA untuk memahami apa yang terjadi di planet-planet tersebut.

"Kami masih belum memiliki pemahaman yang baik tentang cuaca di lingkungan planet yang berbeda," kata David Sing dari Universitas John Hopkins. 

Sing merupakan rekan penulis dalam studi tentang WASP-178b yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature pada hari Rabu (06/04) dan studi tentang KELT-20b yang diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters pada bulan Januari lalu.

Baca Juga: Para Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Pluto, Begini Penampakannya

Berbicara soal exoplanet, NASA juga telah mengonfirmasi setidaknya ada 5000 planet di luar tata surya yang telah ditemukan. Para ilmuwan menyoroti keragaman pemandangan planet di luar tata surya dan juga menunjukkan seberapa banyak yang dapat dipelajari tentang planet-planet ini dari teleskop luar angkasa.

Mengingat ekstremnya cuaca di exoplanet seukuran Jupiter ini, apakah ada yang tinggal di sana? 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×