kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Negara Bagian AS Pangkas Anggaran


Selasa, 15 Juni 2010 / 07:21 WIB
Negara Bagian AS Pangkas Anggaran


Sumber: BLOOMBERG | Editor: Test Test

WASHINGTON. Langkah pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal Amerika Serikat (AS) memangkas anggaran akan menahan pertumbuhan ekonomi di 2011 mendatang. Jika stagnasi ekonomi AS benar-benar terjadi tahun depan, maka ini kejadian kedua dalam setengah abad terakhir, di mana ekonomi AS terkontraksi untuk tiga tahun berturut-turut.

Asosiasi Gubernur Nasional dan Kantor Anggaran, Senin (14/6), melaporkan 46 negara bagian yang akan memulai tahun fiskalnya per 1 Juli nanti, menghadapi defisit anggaran hingga US$ 127,4 miliar. Kali ini, mereka harus menutup defisit dengan usaha sendiri.

Maklum, program stimulus pemerintah federal yang digagas Presiden AS Barack Obama senilai US$ 787 miliar akan segera berakhir.

Pemerintah federal juga menghadapi defisit anggaran yang besar. Alhasil, pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal akan melanjutkan pemangkasan anggaran. Nah, pemangkasan anggaran ini lah yang menjadi penyebab tertahannya peertumbuhan ekonomi.

Menurut Mark Zandi, Kepala Ekonom Moody's Analytics Inc, program penghematan bakal memangkas pertumbuhan ekonomi sekitar 0,25% di tahun fiskal 2010 dan 2011. Di tahun fiskal ini sampai Mei 2010 lalu, pertumbuhan ekonomi turun 0,02%.

"Ancaman kontraksi akan membuat The Fed mempertahankan kebijakan suku bunga rendah hingga akhir tahun," tambah John Lonski, Kepala Ekonom Moody’s Capital Markets Group.

Tak hanya menekan pertumbuhan ekonomi, pemangkasan anggaran belanja oleh negara bagian dan pemerintah lokal juga telah memangkas produk domestik bruto (PDB) sebesar 0,49% di kuartal pertama 2010 lalu. Ini merupakan penurunan PDB yang terbesar sejak 1981.

Menurut Zandi, kalau pemerintah melakukan pembekuan anggaran, maka dampaknya akan lebih besar lagi. Apalagi, data PDB tidak memasukkan dampak kenaikan pajak terhadap pertumbuhan.

Sebelumnya, negara bagian di As telah meningkatkan pajak dan retribusi dengan nilai sekitar US$ 23,9 miliar di tahun fiskal 2010. Sebanyak 40 negara bagian, di antaranya Florida, California, dan New York telah melakukan kebijakan pemangkasan anggaran tengah tahunan. Total nilai pemangkasan tersebut mencapai US$ 22 miliar.

California yang memiliki perekonomian dengan nilai US$ 1,8 triliun atau lebih besar dari Rusia, menghadapi defisit hingga US$ 19 miliar.

Gubernur California yang berasal dari Partai Republik yang juga aktor laga terkenal, Arnold Schwarzenegger, menginginkan penghematan anggaran lewat penghapusan program kemiskinan. Sedang Partai Demokrat minta kenaikan pajak.

Adapun New York, negara bagian berpenduduk ketiga terbesar, menghadapi defisit anggaran US$ 8,5 miliar di tahun fiskal yang dimulai 1 April kemarin.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×