kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.527.000   -7.000   -0,46%
  • USD/IDR 15.765   -88,00   -0,56%
  • IDX 7.610   -84,47   -1,10%
  • KOMPAS100 1.177   -12,84   -1,08%
  • LQ45 932   -10,92   -1,16%
  • ISSI 230   -1,41   -0,61%
  • IDX30 482   -5,38   -1,11%
  • IDXHIDIV20 576   -5,72   -0,98%
  • IDX80 134   -1,32   -0,98%
  • IDXV30 140   -1,09   -0,77%
  • IDXQ30 160   -1,32   -0,82%

Netanyahu Sebut Israel Menghantam Keras Iran, Ini Tanggapan Khamenei


Senin, 28 Oktober 2024 / 07:34 WIB
Netanyahu Sebut Israel Menghantam Keras Iran, Ini Tanggapan Khamenei
ILUSTRASI. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, serangan udara Israel menghantam keras pertahanan dan produksi rudal Iran. Ariel Schalit/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM/KAIRO. Pada Minggu (27/10/2024), Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan, serangan udara Israel menghantam keras pertahanan dan produksi rudal Iran.

Sementara, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, negara itu sedang mempertimbangkan tanggapannya.

Mengutip Reuters, dengan perang yang berkecamuk di Gaza dan Lebanon, konfrontasi langsung antara Israel dan Iran berisiko berubah menjadi pertikaian regional. Namun sehari setelah serangan udara, tidak ada tanda-tanda serangan itu akan memicu gelombang eskalasi lainnya.

"Angkatan udara menyerang seluruh Iran. Kami menghantam keras kemampuan pertahanan Iran dan kemampuannya untuk memproduksi rudal yang ditujukan kepada kami," kata Netanyahu dalam sebuah pidato.

Netanyahu menyebut serangan itu "tepat dan kuat" dan mengatakan serangan itu memenuhi semua tujuannya.

Negara Republik Islam itu belum memberi sinyal bagaimana mereka akan menanggapi serangan yang telah lama diantisipasi pada hari Sabtu, yang melibatkan sejumlah jet tempur yang mengebom target di dekat ibu kota Teheran dan di provinsi barat Ilam dan Khuzestan.

Baca Juga: Amerika Serikat Setujui Penjualan Senjata Senilai US$ 2 Miliar ke Taiwan

Dewan Keamanan PBB kemungkinan akan bertemu untuk membahas serangan itu pada hari Senin, kata para diplomat.

Musuh bebuyutan yang bersenjata lengkap itu telah terlibat dalam siklus gerakan pembalasan terhadap satu sama lain selama berbulan-bulan, dengan serangan hari Sabtu terjadi setelah rentetan rudal Iran pada tanggal 1 Oktober, yang sebagian besarnya menurut Israel dijatuhkan oleh pertahanan udaranya.

Khamenei mengatakan strategi Israel harus digagalkan. Menurutnya, serangan terhadap Iran, yang menewaskan empat tentara dan menyebabkan beberapa kerusakan, tidak boleh diremehkan atau dibesar-besarkan.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan Iran tidak mencari perang tetapi akan memberikan "respons yang tepat".

Presiden AS Joe Biden menyerukan penghentian eskalasi yang telah menimbulkan kekhawatiran akan perang Timur Tengah yang lebih luas yang timbul dari konflik Israel-Hamas yang telah berlangsung setahun di Gaza dan dorongan Israel ke Lebanon selatan untuk menghentikan Hizbullah yang meroket ke Israel utara.

Secara terpisah, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan Iran tidak lagi dapat menggunakan sekutunya Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon untuk melawan Israel. 

"Kedua kelompok itu tidak lagi menjadi alat yang efektif bagi Teheran," katanya dalam sebuah pidato.

Baca Juga: Kecam Serangan Israel ke Iran, Arab Saudi: Pelanggaran Hukum Internasional

Gallant menambahkan bahwa Hamas tidak lagi berfungsi sebagai jaringan militer di Gaza dan bahwa komando senior Hizbullah dan sebagian besar kemampuan rudalnya telah dihilangkan.

Hamas telah berulang kali mengatakan bahwa mereka masih dapat berfungsi secara militer, dan Israel baru-baru ini melakukan operasi baru yang besar di Gaza utara yang sudah hancur lebur.

Hizbullah mengatakan bahwa struktur komandonya tetap utuh dan bahwa mereka mempertahankan kemampuan rudal yang signifikan.



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×