kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.534.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.645   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.695   -21,89   -0,28%
  • KOMPAS100 1.190   -4,72   -0,40%
  • LQ45 943   -3,92   -0,41%
  • ISSI 232   -0,82   -0,35%
  • IDX30 487   -1,75   -0,36%
  • IDXHIDIV20 582   -0,48   -0,08%
  • IDX80 135   -0,70   -0,51%
  • IDXV30 141   -1,10   -0,77%
  • IDXQ30 161   -0,50   -0,31%

Amerika Serikat Setujui Penjualan Senjata Senilai US$ 2 Miliar ke Taiwan


Sabtu, 26 Oktober 2024 / 18:14 WIB
Amerika Serikat Setujui Penjualan Senjata Senilai US$ 2 Miliar ke Taiwan
ILUSTRASI. Sepasang warga berjalan bersama dengan Gedung Kongres AS terlihat di latar belakang di tengah salju tebal, Washington, AS, Senin (3/1/2022). REUTERS/Kevin Lamarque. Amerika Serikat telah menyetujui paket penjualan senjata senilai US$2 miliar ke Taiwan,


Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON/TAIPEI. Amerika Serikat telah menyetujui paket penjualan senjata senilai US$2 miliar ke Taiwan, kata Pentagon pada hari Jumat (25/10), termasuk sistem rudal pertahanan udara canggih yang diuji coba di Ukraina.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon mengatakan penjualan baru itu terdiri dari sistem rudal dan sistem radar senilai US$1,16 miliar yang diperkirakan bernilai US$828 juta. Kontraktor utama untuk sistem rudal tersebut adalah RTX Corp, kata Pentagon.

"Penjualan yang diusulkan ini melayani kepentingan nasional, ekonomi, dan keamanan AS dengan mendukung upaya berkelanjutan penerima untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Penjualan yang diusulkan akan membantu meningkatkan keamanan penerima dan membantu menjaga stabilitas politik, keseimbangan militer, dan kemajuan ekonomi di kawasan tersebut."

Penjualan sistem rudal tersebut adalah untuk tiga solusi pertahanan udara jarak menengah National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) yang mencakup rudal permukaan ke udara AMRAAM Extended Range yang canggih, tambahnya.

Baca Juga: Kecam Serangan Israel ke Iran, Arab Saudi: Pelanggaran Hukum Internasional

Sistem NASAMS telah diuji dalam pertempuran di Ukraina dan merupakan peningkatan signifikan dalam kemampuan pertahanan udara yang diekspor Amerika Serikat ke Taiwan karena permintaan akan sistem tersebut melonjak.

Seorang sumber pemerintah AS mengatakan kepada Reuters dengan syarat anonim bahwa NASAMS adalah senjata baru bagi Taiwan, dengan Australia dan Indonesia sebagai satu-satunya negara lain di kawasan tersebut yang saat ini mengoperasikannya.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyambut baik pengumuman tersebut, dengan mencatat penggunaan NASAMS yang terbukti di Ukraina dan mengatakan bahwa hal itu akan membantu kemampuan pertahanan udara Taiwan dalam menghadapi manuver militer Tiongkok yang sering terjadi.

Militer Taiwan memperkuat persenjataannya agar mampu menghadapi serangan apa pun dari Tiongkok dengan lebih baik, termasuk membangun kapal selamnya sendiri untuk mempertahankan jalur pasokan maritim yang vital.

Tiongkok membenci Presiden Taiwan, Lai Ching-te sebagai seorang "separatis" dan telah menolak seruannya yang berulang kali untuk berunding. 

Lai menolak klaim kedaulatan Beijing dengan mengatakan bahwa hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Pemerintah Tiongkok pada hari Sabtu terus menyerang Lai, mengecam komentar yang dibuatnya pada hari Jumat di pulau garis depan yang sensitif tentang bagaimana tidak ada "kekuatan eksternal" yang dapat mengubah masa depan Taiwan.

"Tidak ada masa depan untuk kemerdekaan Taiwan. Masa depan Taiwan terletak pada penyatuan kembali tanah air secara menyeluruh," kata Kantor Urusan Taiwan Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Mel Gibson Dukung Donald Trump dalam Pilpres 2024, Kritik Pedas Kamala Harris

Selanjutnya: Coca-Cola Ajak Generasi Muda Lepas bersama Coca-Cola & Rasain Segarnya Fri-yay

Menarik Dibaca: Hujan Ringan di Daerah Ini, Berikut Prediksi Cuaca Besok (27/10) di Jakarta



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×