Reporter: Asnil Bambani Amri, BBC | Editor: Asnil Amri
WASHINGTON. The New York Times meluncurkan situs berita versi bahasa China. Situs ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan situs dari China, yang tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia.
Pengelola surat kabar tersebut menyatakan, portal ditargetkan mampu menyediakan informasi, berpendidikan, bisnis dan berita dunia kepada kelas menengah di China yang terus berkembang. Pilihan ini diambil, meskipun ada kekhawatiran kontrol ketat konten yang akan dilakukan China.
Namun, kata surat kabar tersebut, mereka akan mengikuti standar jurnalistik yang telah ditetapkan oleh China. "Kami tidak melakukan adaptasi terhadap tuntutan dari pemerintah China, jadi kami tidak beroperasi seperti perusahaan media lainnya yang ada di China," Joseph Kahn, editor dari New York Times berbahasa China tersebut.
"Cina mengoperasikan firewall yang sangat kuat, dan kami tidak memiliki kontrol atas itu. Kami berharap bahwa pejabat China akan menyambut baik apa yang kami lakukan," jelasnya.
Saat ini, China memiliki 500 juta pengguna internet, jumlahnya diperkirakan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang. Banyak perusahaan kini antusias menggunakan media internet untuk menjaring pelanggan. Wajar jika perusahaan di China mendulang kenaikan pendapatan dari situs online.
Awal tahun ini saja, Baidu, situs pencari terbesar di China melaporkan kenaikan pendapatan hingga 80% dari iklan pada tahun 2011 lalu.