kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Online travel agen Agoda.com PHK 1.500 karyawan


Selasa, 19 Mei 2020 / 13:39 WIB
Online travel agen Agoda.com PHK 1.500 karyawan
ILUSTRASI. Petugas membersihkan area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sepi pengunjung di Badung, Bali, Sabtu (21/3/2020).


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Situs perjalanan online Asia, Agoda.com resmi memberhentikan 1.500 pekerja karena krisis akibat penyebaran virus corona.

CEO Agoda John Brown mengatakan, bahwa ini adalah sebuah perampingan dan menjanjikan pemotongan jumlah karyawan ini adalah yang pertama dan terakhir.

Baca Juga: Sasar wisatawan, Bank DKI dukung sistem pembayaran Agoda

Sebelumnya, Agoda yang merupakan milik Booking Holdings telah menahan pemotongan jumlah staf selama mungkin, pertama-tama mengurangi biaya di seluruh bisnis.

Ini termasuk Brown yang tidak dibayar gajinya untuk sisa tahun ini. "Tetapi dampak Covid-19 terbukti lebih dalam dan lebih lama dari yang diharapkan," kata Brown kepada karyawan Agoda di balai kota virtual pada Senin sore di Asia seperti dikutip dari Skift.com pada Senin (18/5).

Kata dia, pemangkasan itu mewakili sekitar 25% dari total tenaga kerja Agoda. “Secara alami, fungsi di mana beban kerja tim didorong oleh volume adalah yang paling terpengaruh. Sebagian besar pemotongan ada di CEG [Grup Pengalaman Pelanggan] kami, tetapi juga dalam produk, TI, keuangan, layanan mitra, pemasaran, dan Rocketmiles, ”kata Brown, ketika ditanya bagian mana yang paling banyak terkena PHK. .

Selain pemangkasan jumlah karyawan, semua anggota tim kepemimpinan senior akan mengambil pengurangan gaji sementara sebesar 20% pada 1 Juni 2020. Brown sebelumnya mengumumkan dia tidak akan mengambil gaji untuk sisa tahun 2020.

Asal tahu saja, Agoda bukan merek Booking Holdings yang pertama kali mengurangi staf. Bulan lalu, Kayak dan OpenTable memberhentikan karyawan, cuti atau membagikan pengurangan jam menjadi 400 karyawan.

Baca Juga: Asyik, jajan di pusat kuliner Thamrin 10 bisa gunakan kartu pembayaran dari Bank DKI

Pemotongan 1.500 staf di 30 negara sangat menyedihkan, tetapi Brown mengatakan ini akan menjadi satu-satunya untuk membantu mencegah kecemasan dan ketidakpastian di antara tim yang tersisa.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×