Reporter: Femi Adi Soempeno |
Makin populernya sejumlah perangkat yang bisa saling terkoneksi satu dengan yang lainnya --terutama tablet Apple Inc. yang iconic yaitu iPad-- mau tidak mau mengubah pola masyarakat mengkonsumsi media. Dengan penjualan yang diprediksi akan makin tinggi pada musim liburan akhir tahun, semua pihak terlihat ingin terlibat dalam piranti ini; mulai dari pabrikan tablet, operator wireless, developer, biro iklan, bahkan media massa.
Belum lama ini, Nielsen Conpany melakukan survei terhadap 5.000 konsumen yang telah memiliki tablet, netbook, eReader, game plater maupun smartphone utuk menelisik siapa saja yang menggunakan piranti ini dan bagaimana mereka menggunakannya.
Hasilnya? 91% iPad mengunduh aplikasi yang ada dalam Apple Store. Sisanya, tidak mengunduh aplikasi.
Game merupakan aplikasi yang paling banyak diminati oleh orang-orang yang mengunduh aplikasi. Sebanyak 62% diantaranya mengunduh aplikasi game, lalu 54% mengunduh buku, 50% mengunduh lagu, 45% mengunduh shopping dan berita, 44% mengunduh berita selebriti, 41% mengunduh jadwal bioskop dan membeli tiket bioskop; juga mengunduh majalah.
Peminat aplikasi perencanan justru rendah. Misalnya yang mengunduh perbankan hanya 39%, financial updates hanya 39%, social networking 37%, produktivitas 37%, informasi olahraga 32% dan travel 24%.
Dari survei tersebut, terlihat 4% dari rumah tangga di AS memiliki tablet. Bahkan, sebagian besar dari pemilik iPad sudah mengunduh konten berbayar.