kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,40   2,76   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrikan mobil AS targetkan penjualan mobil listrik capai 50% di 2030


Kamis, 05 Agustus 2021 / 09:52 WIB
Pabrikan mobil AS targetkan penjualan mobil listrik capai 50% di 2030
ILUSTRASI. Rivian memperkenalkan mobil pickup R1T yang sepenuhnya ditenagai listrik pada gelaran Los Angeles Auto Show di Los Angeles, California, AS,


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Beberapa produsen mobil Amerika Serikat (AS) menyatakan, memiliki target untuk meningkatkan penjualan kendaraan baru dengan model mobil listrik (EV). Namun, insentif dana dari pemerintah menjadi salah satu yang paling disorot untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Terbaru, produsen mobil AS, Detroit mengatakan kalau bercita-cita untuk memiliki 40% hingga 50% dari penjualan kendaraan baru di tahun 2030 merupakan model mobil listrik. Oleh karenanya, mereka meminta bantuan pemerintah AS senilai miliaran untuk memenuhi target agresif tersebut.

Perusahaan konsultan AlixPartners pada bulan Juni mengatakan investasi dalam kendaraan listrik pada tahun 2025 dapat mencapai US$330 miliar, meningkat 41% dari prospek investasi lima tahun perusahaan yang sebanding tahun lalu.

Sampai sekarang, kendaraan listrik mewakili sekitar 2% dari total penjualan kendaraan global, dan akan menjadi sekitar 24% dari total penjualan pada tahun 2030.

Baca Juga: Hingga tiga tahun ke depan, Pertamina targetkan 50 SPKLU bisa beroperasi

Mengutip Reuters, Biden akan menyampaikan pidato pada pada hari Kamis (5/8) terkait langkah-langkah yang diambil pemerintahannya untuk memperkuat kepemimpinan Amerika dalam mobil dan truk yang bersih

“Ketika saya mengatakan kendaraan listrik adalah masa depan, saya tidak bercanda. Nantikan berita besar besok,” tulis Biden dalam sebuah posting Twitter pada hari Rabu (4/8).

Sebelumnya, pemerintah telah menekan pembuat mobil untuk mendukung janji sukarela setidaknya 40% dari penjualan kendaraan baru menjadi listrik pada tahun 2030 karena bekerja untuk mengurangi polusi gas rumah kaca.

Produsen mobil saat ini memang telah menghabiskan puluhan miliar dolar untuk mempercepat adopsi mobil listrik, meskipun penjualan produk tersebut di AS masih tetap kecil, terkecuali Tesla Inc.

Gedung Putih sedang merencanakan sebuah pertemuan dengan Presiden Joe Biden dan kepala eksekutif dari General Motors Co, Ford Motor Co dan induk Chrysler Stellantis NV. untuk membicarakan terkait kendaraan listrik dan standar ekonomi bahan bakar.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×