kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakar: Situasi terburuk virus corona di AS akan segera datang


Kamis, 12 Maret 2020 / 11:26 WIB
Pakar: Situasi terburuk virus corona di AS akan segera datang
ILUSTRASI. Presiden AS Donald TRump. REUTERS/Leah Millis


Sumber: Al Jazeera | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Situasi wabah virus corona di Amerika Serikat akan menjadi lebih buruk. Hal itu diungkapkan oleh Dr Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular. Dia menjelaskan, virus ini membunuh orang pada tingkat yang lebih tinggi dari itu flu.

"Ini 10 kali lebih mematikan daripada flu musiman," kata Fauci kepada Komite Pengawasan dan Reformasi DPR di Washington DC seperti yang dikutip Al Jazeera.

Menurutnya, tingkat kematian untuk flu musiman sekitar 0,1%. Ketika semua kasus yang mungkin dipertimbangkan, virus corona memiliki tingkat kematian sekitar 1%.

Baca Juga: Pidato Donald Trump: AS dalam waktu cepat akan mengalahkan virus corona

Menurut laporan yang diterima Al Jazeera, virus corona telah menginfeksi lebih dari 1.000 orang dan sudah ditemukan di sekitar 40 negara bagian AS. Setidaknya 31 orang telah meninggal karena penyakit ini di Amerika.

Ketika ditanya oleh anggota komite apakah virus itu diharapkan menyebar lebih jauh, Fauci menjawab: "Ya, benar."

Pihak berwenang di tingkat negara bagian dan lokal telah mengambil langkah untuk menghentikan penyebaran virus, termasuk pembatalan pertemuan besar. Calon-calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden dan Senator Bernie Sanders keduanya membatalkan rapat umum di Cleveland.

Baca Juga: AS salahkan China soal wabah corona, tuding China tutupi dan dunia telat merespons

Sementara itu, Gubernur Washington Jay Inslee pada hari Rabu melarang pertemuan lebih dari 250 orang dan mengatakan ia mungkin akan segera menutup sekolah untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Namun Fauci mengingatkan, penyebaran virus oleh komunitas telah melampaui upaya yang dilakukan pemerintah AS.

"Seberapa buruk nantinya akan sangat tergantung pada kemampuan kita untuk melakukan dua hal: menahan masuknya orang-orang terinfeksi yang datang dari luar, dan kemampuan untuk menahan dan mengurangi di dalam negara kita sendiri," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×