kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pamer kemarahan, Korut merilis foto ledakan dahsyat kantor penghubung dengan Korsel


Rabu, 17 Juni 2020 / 13:41 WIB
Pamer kemarahan, Korut merilis foto ledakan dahsyat kantor penghubung dengan Korsel


Sumber: Yonhap,CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Media pemerintah Korea Utara, pada Selasa (16/6/2020), merilis foto tentang aksi penghancuran kantor penghubung bersama dengan Korea Selatan.

Melansir CNBC, Kementerian Unifikasi Seoul mengkonfirmasi bahwa bangunan di kota perbatasan Korea Utara, Kaesong, dihancurkan "dengan cara pemboman" pada Selasa sore waktu setempat.

Ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea membuat Korea Utara memutuskan komunikasi dengan Korea Selatan dan mengancam akan memindahkan pasukan bersenjata kembali ke zona demiliterisasi di perbatasan.

Baca Juga: Redam ketegangan dengan Korut, Korea Selatan gencar komunikasi dengan AS dan China

"Peringatan itu datang di tengah pembicaraan nuklir yang terhenti dengan AS, dan bisa menjadi sinyal bahwa Pyongyang frustrasi dengan apa yang dipandangnya sebagai demokrasi yang gagal," jelas John Park, direktur Proyek Korea di Harvard Kennedy School, kepada CNBC.

Seiring dengan perilisan foto tersebut, Korea Utara juga mengonfirmasi, negaranya benar-benar menghancurkan kantor penghubung antar-Korea di kota perbatasan Kaesong pada Selasa (16/5).

Baca Juga: Kepalang marah, Korut tolak utusan Korsel & bersumpah kerahkan pasukan ke perbatasan

"Bidang yang relevan dari DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea) mempraktikkan tindakan menghancurkan sepenuhnya kantor penghubung bersama Utara-Selatan di Kawasan Industri Kaesong, setelah memotong semua jalur penghubung komunikasi antara Utara dan Selatan," kata kantor berita KCNA seperti dilansir Yonhap.

"Penghancuran ini sejalan dengan pola pikir orang-orang yang marah secara pasti kepada sampah manusia dan mereka, yang telah melindungi sampah, untuk membayar mahal atas kejahatan mereka," ujar KCNA merujuk pada pembelot Korea Utara di Korea Selatan yang mengirim selebaran propaganda anti-Pyongyang.

Baca Juga: Korea Utara berulah, Korea Selatan: Militer kami siap untuk keadaan apa pun

"Pada pukul 14.50, kantor penghubung hancur secara tragis dengan ledakan hebat," ungkap KCNA.

Sebelumnya, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan yang ada di kota perbatasan mereka Kaesong pada Selasa (16/6).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×