kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pamer lagi, China ungkap pelatihan pengisian ulang kapal perusak untuk kali pertama


Rabu, 13 Mei 2020 / 11:20 WIB
Pamer lagi, China ungkap pelatihan pengisian ulang kapal perusak untuk kali pertama
ILUSTRASI. Ilustrasi kapal induk milik China. REUTERS/Stringer


Sumber: People's Daily | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Nanchang, kapal perusak besar Angkatan Laut Rakyat Tiongkok (PLA) Tipe 055 pertama Tiongkok, baru-baru ini menyelesaikan pelatihan pengisian ulang maritim. Melansir People's Daily, ini merupakan sebuah operasi yang menurut para pakar militer sangat penting untuk kemampuan tempur kapal perang yang baru ditugaskan.

Para ahli memperkirakan, kapal perusak paling maju di China ini diharapkan segera beraksi dan menemani kapal induk dalam operasi laut jauh.

Berdasarkan pengumuman Angkatan Laut PLA mengumumkan di akun Sina Weibo pada hari Senin, kapal pasokan Taihu dan Nanchang baru-baru ini melakukan pelatihan pengisian ulang. Postingan itu juga disertai dengan video operasi.

Baca Juga: Hubungan AS dan China kian panas di Laut China Selatan, ini penyebabnya

"Ini adalah pertama kalinya pelatihan pengisian ulang laut di kelas 10.000 ton Nanchang secara terbuka diungkapkan," kata Angkatan Laut PLA seperti yang dikutip dari People's Daily.

Pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie mengatakan kepada Global Times pada hari Selasa bahwa "Nanchang adalah kapal perusak terbesar Tiongkok, dan signifikansinya, sampai taraf tertentu, tidak kurang dari kapal induk."

Baca Juga: Cara AS pancing kemarahan China: Dorong perwakilan Taiwan di WHO

Pelatihan pengisian ulang adalah bagian penting dari program pembuatan kemampuan tempurnya, dan karena diharapkan untuk melakukan misi dalam periode waktu yang lama di laut jauh dan menemani kapal induk atau memimpin kelompok tugas angkatan laut yang independen. Menurut Li, kapal ini juga harus mampu melakukan pengisian ulang operasi melalui kapal pasokan.

Setelah melakukan debut publiknya pada parade angkatan laut bulan April 2019, Nanchang ditugaskan ke PLA Navy di pelabuhan angkatan laut di Qingdao, Provinsi Shandong China Timur pada 12 Januari 2020. Pada akhir April, kapal ini melakukan pelatihan yang berorientasi pada pertempuran, termasuk tembakan senjata utama di perairan Qingdao, menurut laporan yang tersedia untuk umum.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×