kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panas dengan China, AS kirim pesawat pembom nuklir ke pulau rahasia di Samudra Hindia


Kamis, 13 Agustus 2020 / 20:53 WIB
Panas dengan China, AS kirim pesawat pembom nuklir ke pulau rahasia di Samudra Hindia
ILUSTRASI. Pesawat bomber B-2. Panas dengan China, AS kirim pesawat pembom nuklir ke pulau misterius di Samurda Hindia. U.S. Air Force/Senior Airman Jovan Banks/Handout/File Photo via REUTERS. ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Angkatan Udara AS telah mengerahkan tiga pembom siluman B-2 ke pulau kecil Diego Garcia yang selama ini dikenal sebagai pulau misterius di Samudra Hindia untuk pertama kalinya sejak 2016.

Aksi ini dilakukan saat China terus meningkatkan latihan militer di beberapa perairan.

Baca Juga: Menteri Kehakiman Manila: Mantan eksekutif Wirecard Bauer meninggal di Manila

Pembom Spirit berkemampuan nuklir B-2A Amerika lepas landas pada hari Selasa dari pangkalan angkatan udara Whiteman di Missouri, terbang melintasi Australia utara dan menuju atol militer yang merupakan bagian dari Wilayah Samudra Hindia Britania. 

Terakhir kali para pembom dikerahkan ke Diego Garcia, yang terletak sekitar 1.200 km (745 mil) selatan Maladewa, adalah empat tahun lalu selama periode ketegangan di Laut China Selatan setelah pengadilan arbitrase internasional menolak klaim Beijing atas sengketa di perairan tersebut.

Sementara ketiga pembom dengan tanda panggil Reaper 11, 12 dan 13 tidak melewati daerah sensitif di Pasifik barat, Laut China Selatan atau Selat Taiwan, kehadiran mereka di Diego Garcia merupakan tanda yang jelas dari kekuatan militer Amerika Serikat. di Indo-Pasifik, kata pengamat.

"Pergerakan tenaga nuklir berbasis udara adalah demonstrasi kekuatan," kata Zhao Tong, seorang rekan senior di program kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace di Beijing.

Baca Juga: Kredit macet membengkak karena corona, bisnis debt collector di China laris manis

Tidak seperti kapal selam yang kurang terlihat, dan rudal darat, yang kurang bergerak, pembom strategis, yang dapat dikerahkan dan ditarik sesuka hati, sering digunakan sebagai alat untuk mengintimidasi musuh.




TERBARU

[X]
×